Jawa Pos

Raffi Kurban Si Bager dari Gunungkidu­l

Disiapkan sejak Tahun Lalu

-

JAKARTA, JawaPos–MomenIdul A d ha tahun ini kembali berlangsun­g dalam situasi pan demi. Namun, hal itu tak menghalang­i umat Islam yang mampu untuk berupaya memberikan kurban terbaik. Termasuk para artis yang beberapa hari terakhir mengu p da t e persiapan mereka menjelang sembelih kurban.

Misalnya, Raffi Ahmad. Presenter dan YouTube rituberkur­ban 20 sapi dan 20 kambing. Ada sapi seberat lebih dari 1 ton. Sapi tersebut diberi nama Si Bager. Raffi menceritak­an, sapi itu dia temukan di Gunung k id u l tahun lalu dan sengaja disiapkan untuk kurban tahun ini.

Dari orang-orang sekitar lingkungan tempat dia membeli sapi itu di Gunung kidul, Raffi mendengar bahwa Si Bager adalah sapi kebanggaan. Bager sengaja dirawat kurang lebih empat tahun hingga bobotnya mencapai 1,4 ton. ’Kemarin udah banyak yang pengin, tapi jodohnya sama aku aja. Kayak g itu kan jodoh jodoh a n ,’ ucap Raffi di rumahnya di Lebak Bulus kemarin (20/7).

Meski merahasiak­an harga pasti Si Bager, Raffi mengaku mendapatka­n harga yang bagus. Sebab, dia menandai Si Ba g e r sejak tahun lalu .’ Jadi, kalau mau beli sapi tahun depan, tahun ini udah booking. Makanya dapat yang besar dan harga bersahabat,’ ungkap pria yang sedang menanti kelahiran anak kedua itu.

Tidak semua hewan kurban itu disembelih di tempat tinggalnya. Sebagian Raffi berikan ke beberapa lokasi lain. Di antaranya, rumah sang mertua, Rieta Amilia Beta, dan nenek Raffi, Mamih Popon. Ada pula yang dikirim ke masjidmasj­id di Bandung.

Raffi juga menyiapkan satu sapi 900 kilogram yang dibagikan khusus untuk tenaga kesehatan (nakes). ’’Kemarin sempat sumbangin satu sapi ke nakes. Lumayan sapinya 900 kilogram, saya titip ke teman saya,’’ paparnya. Raffi berharap kurban tersebut bisa menjadi berkah bagi nakes yang telah bekerja keras di tengah pandemi.

Sisa 16 sapi dan 11 kambing ditampung Raffi di lahan kosong sebelah rumahnya, yang juga menjadi lokasi penyembeli­han kemarin. Suami Nagita Slavinai tutidak menyerahka­n hewan-hewan kurban untuk disembelih di rumah jagal, tetapi mendatangk­an penyembeli­h andal ke rumahnya.

Selain berkurban, Idul Adha juga tak lepas dari cerita kegiatan ibadah haji. Namun, karena pandemi, calon jamaah haji Indonesia harus menunda lagi keberangka­tan setelah gagal tahun lalu. Tentu ada perasaan kecewa. Hal itu dirasakan aktris Shireen Sungkar.

Shireen membagikan curhatanny­a tak bisa berangkat haji lagi tahun ini lewat media sosial. Meski begitu, ibunda Shafiyyah, Adam, dan Hawwa itu berusaha mengambil hikmah dari situasi yang terjadi. Shireen yakin, kendati belum bisa berangkat, itu semua tidak terlepas dari rencana Sang Pencipta.

’’Yang selalu dirindukan. Belum jadi orang yang terpilih Qadarallah. Sudah daftar haji bertahun-tahun selalu hamil, dan hamilnya sakitsakit­an, jadi ada uzur. Terus, waktu sudah bisa berangkat dan yakin sekali berangkat, Qadarallah ada Covid. Intinya belum waktunya,’’ ujar Shireen.

’’Semoga Allah mudahkan kita untuk menjadi tamu Allah,’’ imbuhnya.

 ?? INSTAGRAM RAFFINAGIT­A 1717 ?? RAYAKAN IDUL ADHA: Raffi Ahmad tahun ini kurban 20 ekor sapi dan 20 ekor kambing.
INSTAGRAM RAFFINAGIT­A 1717 RAYAKAN IDUL ADHA: Raffi Ahmad tahun ini kurban 20 ekor sapi dan 20 ekor kambing.
 ??  ?? 21 JULI
21 JULI
 ?? INSTAGRAM SHIREEN SUNGKAR ?? HARAPAN SHIREEN: Ingin segera bisa menunaikan ibadah haji.
INSTAGRAM SHIREEN SUNGKAR HARAPAN SHIREEN: Ingin segera bisa menunaikan ibadah haji.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia