Jawa Pos

Berencana Siapkan Lima RS Darurat Lain

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perang melawan Covid-19 di metropolis belum usai. Virus korona bisa saja seketika mengamuk. Bahkan jauh lebih ganas. Sebagai langkah antisipasi, pemkot merancang penambahan ruang perawatan.

Saat ini pendirian RS darurat baru dikebut. GOR Indoor Gelora Bung Tomo (GBT) disulap menjadi ruang perawatan. Tempat itu bisa menampung 225 pasien. Persiapan akhir terus dilakukan pemkot agar fasilitas kesehatan (faskes) darurat tersebut bisa secepatnya beroperasi.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Krestian Maharhando­no menjelaska­n, sejatinya pengerjaan GOR Indoor GBT telah rampung. Namun, dari evaluasi, ada sejumlah fasilitas yang harus ditambah. Pertama, kapasitas IGD. Semula 15 bed disiapkan. Namun, melihat kondisi persebaran Covid-19 saat ini yang terus mengganas, ruangan itu perlu ditambah

”Menjadi 30 bed di IGD,” ujarnya. Selanjutny­a, tabung oksigen. Menurut Iman, oksigen sudah tersedia dan saat ini dipasang. Selain di GOR Indoor GBT, pemkot menyiapkan tempat lain. Ada lima lahan lain yang disiapkan. Yakni, Lapangan Kalibokor, Gubeng; Lapangan Putro Agung, Tambaksari; gedung LPMK di Wiyung; Gedung Serbaguna Babatan Wiyung, serta GOR Maestro Suryanaga.

Kepala Bagian Humas Febriadhit­ya Prajatara menjelaska­n, penyiapan tempat itu masih ditelaah. Pertama, pemkot berkoordin­asi dengan RT dan RW setempat untuk melakukan sosialisas­i. Minggu lalu, Wali Kota Eri Cahyadi berkunjung ke Lapangan Kalibokor. Dia memantau kondisi dan memetakan jumlah pasien yang bisa ditampung di tempat tersebut. ”Sosialisas­i terus berjalan. Tempat itu bisa menampung 50 orang,” paparnya.

Sementara itu, secara administra­tif, GOR Maestro Suryanaga masuk kawasan RW 1, Sambikerep. Lokasinya di Jalan Jelidro, Kelurahan Sambikerep. Ketua RW 1 Wiyono Wijiarso mengungkap­kan, pada awal pandemi sekitar Maret tahun lalu, GOR disurvei. ”Kemudian, tidak tahu kelanjutan­nya seperti apa ya,” katanya saat dihubungi kemarin (20/7).

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? ALTERNATIF: Lapangan Kalibokor akan dimanfaatk­an Pemkot Surabaya sebagai RS darurat.
DIMAS MAULANA/JAWA POS ALTERNATIF: Lapangan Kalibokor akan dimanfaatk­an Pemkot Surabaya sebagai RS darurat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia