Jawa Pos

Potong 68 Ekor Sapi di Hari Pertama Idul Adha

Pengunjung Dibatasi, Pemilik Saksikan Penyembeli­han secara Virtual

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kesibukan luar biasa terjadi di Rumah Potong Hewan (RPH) Surya, Pegirian. Sebanyak 68 ekor sapi disembelih pada hari pertama Idul Adha. RPH menerapkan sejumlah protokol kesehatan (prokes) selama penyembeli­han dan pemotongan hewan kurban. Selain mewajibkan jagal memakai APD, mereka membatasi jumlah pengunjung.

Penyembeli­han hewan kurban dilakukan sejak pagi. Ada sepuluh tim jagal yang melakukan penyembeli­han dan pemotongan. Setiap tim beranggota 6–8 orang.

Plt Dirut PD RPH Surya Mohamad Faiz menjelaska­n, sebenarnya ada 30 alat yang siap digunakan untuk pemotongan. Namun, tidak semuanya dipakai. ”Penyembeli­han dibatasi karena menyesuaik­an prokes. Yang masuk sepuluh-sepuluh,” jelas Faiz.

Menurut dia, jumlah sapi yang dipotong mengalami peningkata­n. Pada Idul Adha tahun lalu, RPH hanya menyembeli­h sekitar 100 sapi. ”Sekarang meningkat. Nanti ada 210 sapi yang dipotong hingga hari ketiga,” ungkapnya.

Dia menyatakan, prokes diterapkan sejak pintu masuk. Jumlah pengunjung dibatasi. Maksimal hanya satu pemilik yang diberi kesempatan masuk ke ruang penyembeli­han. Meski jumlah pengunjung dibatasi, Faiz menuturkan bahwa pemilik masih bisa melihat penyembeli­han secara virtual. Ada layar khusus yang disediakan untuk pengunjung yang tidak bisa masuk.

Karena order pemotongan bertambah, Faiz mengungkap­kan bahwa RPH juga menambah tenaga pengemas daging. Ada 80 orang yang dipekerjak­an untuk melakukan pengemasan. Mereka berasal dari warga di sekitar RPH.

Tampak sejumlah sapi milik pejabat disembelih di RPH kemarin. Misalnya, sapi milik Wali Kota Eri Cahyadi, Dirpolairu­d Polda Jatim Kombespol Arnapi, serta sejumlah pejabat di DPRD dan Polda Jatim.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? HINDARI KERUMUNAN: Tim dokumentas­i yang disiapkan RPH Surya mengambil gambar pemotongan hewan kurban kemarin (20/7).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS HINDARI KERUMUNAN: Tim dokumentas­i yang disiapkan RPH Surya mengambil gambar pemotongan hewan kurban kemarin (20/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia