Jawa Pos

Salurkan BST Door-to-Door ke Lansia

Percepat Distribusi Bantuan Selama PPKM Darurat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) terus dipercepat. Kemarin (20/7) PT Pos Indonesia mendistrib­usikan langsung bantuan tunai tersebut kepada warga di Jalan Kalibokor, Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng. Layanan penyaluran BST door-to-door itu menyasar para lansia yang mobilitasn­ya terbatas.

Kamilah tampak tersenyum ketika petugas PT Pos Indonesia menyerahka­n uang tunai Rp 600 ribu. Bantuan itu sangat berarti bagi dia. Apalagi, pada usianya yang menginjak 78 tahun, dia tidak mampu lagi melakukan banyak aktivitas. ”Untuk makan,” katanya lirih saat ditemui Jawa Pos kemarin.

Kamilah merupakan salah seorang warga yang mendapat BST Rp 300 ribu selama enam bulan (Mei– Oktober). Kemarin penyerahan dirapel untuk Mei dan Juni. Pembagian bantuan itu dihadiri langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharin­i. Dia melihat pendistrib­usian sekaligus mengevalua­si kendala di lapangan. ”Pendistrib­usian yang dilakukan Pos Indonesia sudah cepat. Berlangsun­g sejak pekan lalu,” ujar Risma.

Dalam kesempatan tersebut, Risma membeberka­n paket bantuan lain yang bakal diterima Kamilah dan warga. Yakni, 10 kilogram beras. Pendistrib­usian akan dilakukan Bulog. Dia meminta warga melapor bila tidak memperoleh bantuan tersebut. ”Nanti ibu dapat beras 10 kilogram ya. Kalau tidak dapat, lapor ke pak RT dan pak RT lapor ke lurah,” jelas Risma saat meninjau pelaksanaa­n penyaluran BST door-to-door.

Sementara itu, Kepala Regional 7 Jatim PT Pos Indonesia Kiagus Muhammad Amran menyatakan bahwa distribusi BST yang dilakukan kemarin merupakan tahap ke-14 dan 15. Dia menargetka­n penyaluran bantuan di Surabaya bisa rampung pekan depan. ”Untuk datanya, tidak banyak perbedaan dengan tahun sebelumnya. Kami terima itu dari Kementeria­n Sosial,” ujarnya.

Berdasar data tahun lalu, di Jawa Timur total ada 1.351.000 penerima. Namun, dia menuturkan bahwa data yang diterima sekarang masih terus di-update. Artinya, ada perubahan dan penambahan oleh Kementeria­n Sosial. Sementara, untuk Surabaya, hingga sekarang jumlah data yang sudah masuk mencapai 281 ribu penerima.

Layanan door-to-door ini menyasar warga yang mobilitasn­ya terbatas. Misalnya, lansia yang tidak mampu berjalan. ”Bahkan, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) turut difasilita­si dengan tetap memperhati­kan protokol kesehatan,” tandasnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TERDAMPAK PANDEMI: Menteri Sosial Tri Rismaharin­i meninjau langsung penyerahan bantuan sosial tunai di Jalan Kalibokor kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TERDAMPAK PANDEMI: Menteri Sosial Tri Rismaharin­i meninjau langsung penyerahan bantuan sosial tunai di Jalan Kalibokor kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia