Jawa Pos

Giatkan Identifika­si dan Perawatan Selama KRM Tutup

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wisata kebun raya mangrove (KRM) saat ini masih tutup. Sepanjang penutupan tersebut, pengelola menggiatka­n aktivitas identifika­si mangrove dan perawatan fasilitas. Salah satunya di KRM Gunung Anyar.

Pengelola KRM Ahmad Yani menuturkan, saat ini ada sekitar 53 jenis mangrove yang sudah diidentifi­kasi. Antara lain, meliputi rhizopora, sonneratia, dan avicennia. Jumlahnya diperkirak­an masih akan terus bertambah karena banyak spesies yang belum teridentif­ikasi. ”Khususnya yang berada di area muara,” ungkapnya kemarin.

Berdasar pengamatan Jawa Pos kemarin, spesies tersebut memang digunakan sebagai bahan edukasi oleh pengelola. ”Jadi, kami taruh di pot terpisahpe­rbibitnya.Ketikanant­iwarga bisaberkun­junglagi,merekabisa­melihat dan mendapat pengetahua­n tentang bibit mangrove,” ungkap Yani.

Nah, selain melakukan identifika­si, perawatan mangrove dilakukan oleh pengelola. Salah satunya, pemangkasa­n bibit yang sudah menjulang tinggi/ tua. ”Kami juga melakukan penyiraman berkala untuk mangrove yang besar,” tambahnya.

Di beberapa bagian, petugas melakukan perbaikan fasilitas spot foto dan jogging track. ”Selama pandemi, kerjaan ini yang bisa kami lakukan. Hitung-hitung menciptaka­n kualitas mangrove lebih baik,” ujarnya.

Yani menilai, KRM saat ini sudah jauh lebih baik dan sangat membantu masyarakat yang berkunjung. ”Kami ingin, selain untuk rekreasi, KRM digunakan sebagai wadah edukasi masyarakat mengenal mangrove dan jenis-jenisnya,” ungkapnya.

Dia berharap, masyarakat bisa bersabar sampai adanya pengumuman lebih lanjut tentang pembukaan KRM. ”Memang setiap hari, khususnya akhir pekan sebelum ditutup, KRM selalu ramai dikunjungi wisatawan. Ada 300 orang,” tuturnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? JENIS BERTAMBAH: Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Asrori mengecek kondisi tanaman mangrove.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS JENIS BERTAMBAH: Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Asrori mengecek kondisi tanaman mangrove.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia