Jawa Pos

Hari Ini PN Surabaya Buka Lagi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya memutuskan untuk membuka pelayanan bagi para pencari keadilan. Mulai hari ini (21/7), pengadilan yang beralamat di Jalan Arjuno itu dibuka untuk umum setelah masa lockdown berakhir kemarin (20/7). PN Surabaya memutuskan untuk tidak memperpanj­ang lockdown. ”Lockdown tidak diperpanja­ng,” ujar Humas PN Surabaya Martin Ginting kemarin.

Hanya, tidak semua orang bisa masuk pengadilan. Pihak pengadilan bakal membatasi jumlah pengunjung yang masuk. Hanya yang berkepenti­ngan yang boleh masuk. Jumlah pengunjung dibatasi untuk mengantisi­pasi persebaran Covid-19. ”Karena wabah masih parah di Surabaya, kami akan memperketa­t aturan dan menyeleksi kehadiran para pihak di area PN Surabaya,” katanya.

PN Surabaya juga memperketa­t protokol kesehatan. Setiap hari seluruh ruang sidang pengadilan disemprot cairan disinfekta­n. Selain itu, pengunjung, pegawai, hingga hakim wajib memakai masker. Pengunjung juga wajib menjaga jarak selama berada di area pengadilan. Saat masuk pengadilan, pengunjung menjalani pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan.

Hakim juga diimbau untuk mengatur jadwal sidang sebaikbaik­nya. Pelayanan sidang bisa dipercepat untuk mengurangi penumpukan pengunjung di dalam ruang sidang. Dengan begitu, para pencari keadilan tidak perlu berlama-lama berada di pengadilan. Mereka bisa segera pulang ketika urusannya rampung.

PN Surabaya sebelumnya dilockdown selama dua pekan. Setelah ada 31 pegawai dan hakim yang positif Covid-19 berdasarha­sil swab test massal. Lockdown diperpanja­ng setelah jumlah pegawai dan hakim yang ter papar bertambah delapan orang.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? SIAP PAKAI: Petugas membersihk­an ruang sidang yang mulai digunakan hari ini.
DIMAS MAULANA/JAWA POS SIAP PAKAI: Petugas membersihk­an ruang sidang yang mulai digunakan hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia