Jawa Pos

Tumbang lantaran Banyak Tekanan

-

TERBEBANI EKSPEKTASI: Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo ketika menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik kemarin.

TOKYO, Jawa Pos – Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi ganda putra nomor satu dunia. Ekspektasi besar ada di pundak mereka untuk mempersemb­ahkan emas Olimpiade. Tetapi, dalam Olimpiade semua bisa terjadi. Pasangan berjuluk The Minions itu gagal melangkah ke semifinal. Mereka kalah straight game dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik 14-21, 17-21.

Pelatih Herry Iman Pierngadi mengakui, kekalahan tersebut memang di luar prediksi. Dia mengatakan, kekalahan Marcus/ Kevin bukan karena faktor teknis.

Tetapi, lebih karena faktor beban dan tekanan yang begitu berat.

”Dua-duanya jadi tegang dan pola mainnya tidak normal, tidak bisa seperti biasanya. Sebaliknya, lawan bisa menerapkan pola mainnya, enak, enjoy, tidak tegang, dan bisa mengeluark­an semua kemampuann­ya,” kata Herry I.P. dalam keterangan resminya kemarin.

Itu adalah pengalaman pertama Marcus/Kevin dalam Olimpiade. Herry I.P. menilai, mental mereka belum siap untuk ajang empat tahunan tersebut. Karena itulah, pikiran mereka agak kacau dalam pertanding­an kemarin.

”Mereka baru kali pertama ikut Olimpiade, wajar belum bisa mengatur pikiran dan bebannya. Ini jadi pelajaran buat mereka. Ke depan saya harap mereka bisa lebih baik,” imbuhnya.

Marcus membenarka­n kalau tekanan kepadanya menjadi faktor paling besar. ”Faktor tekanan ke kami banyak, diharapkan menang atau membawa pulang medali. Tapi, sebenarnya semua pemain yang tampil di Olimpiade ini kan (kemampuann­ya, Red) seimbang dan kita semua tidak ada yang tahu seperti apa,” kata Marcus.

Finarsih/Lili Tampi Deyana Lomban/Eliza Nathanel

Olimpiade 2000

Etty Tantri/Cynthia Tuwankotta Deyana Lomban/Eliza Nathanel

Olimpiade 2004

Jo Novita/Lita Nurlita Olimpiade 2008

Lilyana Natsir/Vita Marissa Olimpiade 2012

Meiliana Jauhari/Greysia Polii Olimpiade 2016

Nitya Krishinda/Greysia Polii

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia