Jawa Pos

Pemain Asing Belum Divaksin

-

SURABAYA, Jawa Pos – Beberapa klub sudah melakukan vaksinasi kepada pemain asingnya. Itu merupakan antisipasi kalau Liga 1 mewajibkan vaksinasi sebagai syarat agar pemain bisa didaftarka­n. Bagaimana dengan Persebaya Surabaya?

Tim berjuluk Green

Force itu sudah memiliki empat pemain asing. Mereka adalah Alie Sesay,

Jose Wilkson, Taisei Marukawa, dan Bruno Moreira. Mereka tiba di Surabaya sejak bulan lalu. Namun, empat pemain itu belum juga mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Pihak manajemen ingin mereka segera menjalani vaksinasi. Lalu, kapan? ’’Ini sedang diusahakan,’’ kata Candra Wahyudi, manajer Persebaya, saat dihubungi Jawa Pos. Sampai saat ini, pihak manajemen masih berupaya mencari cara agar empat pemain mendapat jatah vaksin. Sebab, seluruh penggawa Persebaya sudah mendapat vaksinasi pada gelaran Piala Menpora 2021.

Johan Yoga dan Fernando Pamungkas jadi pemain terakhir yang disuntik vaksin. Keduanya mendapat vaksinasi di Kodam V/Brawijaya pada 5 Juli lalu. Alie Sesay berharap vaksinasi untuk pemain asing bisa segera terwujud. ’’Saya belum mendapat vaksin. Saya pikir saya harus melakukan vaksinasi secepatnya,’’ kata pemain berdarah Inggris itu kepada Jawa Pos.

Sejauh ini, Alie tidak bisa berbuat apa pun. Sebab, semua kewenangan agar mendapat jatah vaksin ada di manajemen. Meski sudah ingin divaksin, pemain 26 tahun tersebut tetap memilih bersabar. ’’Sampai saat ini, belum ada info. Kami hanya bisa menunggu informasi (dari manajemen, Red). Dan semoga segera ada kabar baik,’’ harap mantan pemain Leicester City itu. Sembari menunggu kepastian, Alie dan pemain asing lain fokus berlatih. Dia berharap setidaknya vaksinasi bisa segera direalisas­ikan. ’’Karena saya dengar, ada syarat pemain wajib divaksin untuk bisa ikut Liga 1. Jadi, tentu saya

MENANTI: Alie Sesay (tengah) berharap dirinya segera mendapatka­n vaksin. harap secepatnya (mendapat pekan lalu, pemerintah Jepang vaksinasi, Red),’’ harap pemain meminta seluruh warganya yang pada 2 Agustus nanti tepat yang di Indonesia untuk pulang. berusia 27 tahun tersebut. Selain menjaga agar tidak terpapar

Sementara itu, Taisei Marukawa Covid-19, pemerintah Negesejati­nya bisa saja mendapat ri Sakura mulai memberikan vaksin lebih cepat. Sebab, dua vaksinasi mulai Agustus nanti.

Hanya, sampai saat ini, Taisei masih berada di Surabaya. Dia juga masih mengikuti latihan bersama skuad Green Force. Saat ini Persebaya memang masih menggelar latihan. Meskipun, mereka belum tahu kapan kompetisi akan dimulai. Sejauh ini, hanya Bruno pemain asing yang kondisinya kurang fit. Dia sempat cedera otot paha kiri. Namun, dia mungkin sudah bisa berlatih normal pada pekan depan.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia