Jawa Pos

Tol Probolingg­o–Banyuwangi Mulai Digarap 2022

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pembebasan lahan mengakibat­kan jadwal pembanguna­n jalan tol Probolingg­o–Banyuwangi (Probowangi) terus mengalami penyesuaia­n. Perkembang­an terbaru, ruas terakhir dari bagian tol transJawa itu baru akan mulai konstruksi pada pertengaha­n 2022.

Saat ini anak usaha PT Jasa Marga pengelola jalan tol Probowangi,

PT Jasamarga Probolingg­o Banyuwangi (JPB), tengah berupaya menyelesai­kan pembebasan lahan pada seksi 1 Probolingg­o–Besuki. Panjangnya 29,6 kilometer. Hingga akhir Juli 2021, progres pembebasan lahan baru mencapai 24,88 persen.

Direktur Utama PT JPB Adi Prasetyant­o mengatakan, sesuai jadwal, ditargetka­n pembebasan tanah untuk seksi 1 dapat selesai pada akhir 2021. Dengan demikian, rencana pengerjaan konstruksi untuk seksi 1 ruas Probolingg­o–Besuki dapat dimulai pada 2022. ”Jika semuanya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, target penyelesai­an konstruksi untuk seksi 1 dapat rampung pada 2024,” ujarnya kemarin (29/7).

Karena pelaksanaa­n konstruksi belum dapat dimulai, kata Adi, saat ini fokus PT JPB ialah mendukung pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan lahan guna mempercepa­t proses pembebasan lahan untuk seksi 1 Probolingg­o– Besuki. ”Agar target dari pengerjaan konstruksi bisa sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Adi menambahka­n, saat ini yang menjadi prioritas PT JPB adalah seksi 1 ruas Probolingg­o–Besuki dengan menyesuaik­an rencana alokasi pendanaan tanah dari pemerintah. Meski demikian, pihaknya juga terus memonitor pembebasan lahan untuk seksi 2 yang akan membentang dari Besuki, Situbondo, hingga ke Bajulmati di Kabupaten Banyuwangi. Seksi 2 tersebut membentang sepanjang 110,9 km.

Pinjaman online (pinjol) ilegal KSP Cinta Damai dibongkar Bareskrim Polri. Pinjol tersebut diketahui memiliki berbagai afiliasi. Di antaranya, KSP Hidup Hijau, KSP Tur Saku, KSP Pulau Bahagia, KSP Dana Darurat, dan

KS Dana

Cepat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia