Jawa Pos

3 Juta Warga Jatim Sudah Vaksinasi Dosis Kedua

-

SURABAYA, Jawa Pos – Selain menggelar vaksinasi di Lapangan THOR, TNI-AL Koarmada II juga melakukan serbuan vaksinasi di beberapa pulau di Jawa Timur. Salah satunya di Bawean. Total, targetnya 10.500 warga yang tervaksin. Upaya itu dilakukan agar mencapai target herd immunity masyarakat.

Dengan menggunaka­n helikopter dari Pulau Bawean, Gresik, panglima Koarmada II, gubenur, Kapolda Jatim, dan Pangdam V/Brawijaya langsung meninjau vaksinasi di Lapangan THOR. Di sana, digelar serbuan vaksinasi selama dua hari dengan target 25 ribu warga yang tervaksin.

Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto menuturkan, serbuan vaksinasi dilakukan di beberapa tempat. Misalnya, di Bawean dan Lapangan THOR. Khsusus di Bawean pelaksanaa­n digelar mulai Selasa kemarin hingga Sabtu besok. Targetnya menjangkau 10.500 warga Bawean. ’’Di sana antusiasme warga juga tinggi,’’ ucapnya kemarin siang.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, berdasar data per Rabu kemarin, Jatim masih berada di puncak provinsi yang paling banyak melakukan vaksinasi. Yakni, sudah menjangkau 23 persen masyarakat. Untuk dosis kedua, hampir 3 juta warga sudah tervaksin.

Menurut dia, angka positif Covid-19 di Jatim jika dibandingk­an dengan sebelum PPKM darurat saat ini sedikit melandai. ”Ini imbas kedisiplin­an masyakarat soal prokes,’’ kata mantan Mensos itu.

Khofifah berharap kolaborasi seperti itu terus terjadi. Dengan begitu, target herd immunity pada Agustus nanti bisa mencapai 70 persen. Diharapkan persebaran Covid-19 di Jatim bisa ditekan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia