Jawa Pos

Disumbang 40 Bed, Butuh Tambah Nakes

Hall Lantai 7 RSKI Jadi Ruang Rawat Pasien Covid-19

-

SURABAYA, Jawa Pos — Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Universita­s Airlangga (Unair) mendapatka­n bantuan 40 bed dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk ptelayanan pasien Covid-19. Seluruh bed tersebut digunakan untuk mengisi hall lantai 7 gedung RSKI untuk penambahan kapasitas perawatan Covid-19. Total, bed occupancy rate (BOR) RSKI mencapai 232 bed.

Direktur Rumah Sakit Universita­s Airlangga (RSUA) sekaligus RSKI Prof dr Nasronudin SpPD-KPTI FINASIM mengatakan, RSKI memang sejak lama mengalokas­ikan hall lantai 7 gedung RSKI untuk penambahan kapasitas perawatan ketika sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus Covid-19. Namun, belum mampu direalisas­ikan. ”Niatan untuk memanfaatk­an hall lantai 7 gedung RSKI untuk perawatan pasien Covid-19 sudah sejak lama. Namun, masih terkendala kurangnya fasilitas dan terbatasny­a SDM (sumber daya manusia),” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Nasronudin menuturkan, adanya bantuan yang diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menolong terwujudny­a keinginan para pihak direksi RSKI untuk memanfaatk­an hall lantai 7 sebagai ruang perawatan pasien Covid-19. ”Bagaikan tumbu oleh tutup, bantuan penambahan bed tersebut menggerakk­an kami (pihak direksi RS, Red) untuk mereposisi hall lantai 7 RSKI yang semula untuk pertemuan dengan para pakar dari dalam maupun luar negeri menjadi ruang perawatan pasien Covid-19,” imbuhnya.

Nasronudin mengatakan, pihaknya pun melakukan rekrutmen tambahan lebih dari 100 SDM. Mereka yang sebelumnya mengirimka­n berkas lamaran dipanggil untuk memenuhi kebutuhan nakes. Mulai dokter, perawat, transporte­r, sopir ambulans, hingga pemulasara­n jenazah. ”Sampai hari ini (kemarin, Red), BOR RSKI terisi 89,4 persen,” ucapnya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? DALAM PENATAAN: Kondisi hall lantai 7 RSKI yang akan dimanfaatk­an sebagai ruang rawat inap pasien Covid-19.
SEPTINDA AYU/JAWA POS DALAM PENATAAN: Kondisi hall lantai 7 RSKI yang akan dimanfaatk­an sebagai ruang rawat inap pasien Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia