Jawa Pos

Cakupan Vaksinasi Masih 34 Persen

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pemkab Sidoarjo kembali menyelengg­arakan vaksinasi massal di Gelora Delta kemarin (29/7) dan hari ini (30/7). Sampai saat ini, capaian vaksinasi di Kota Delta tercatat 34 persen atau 700 ribu dosis.

Kepala Dinas Kesehatan drg Syaf Satriawarm­an menyatakan, capaian vaksinasi tersebut disesuaika­n dengan jumlah vaksin yang ada. Begitu ada stok vaksin, pihaknya segera melakukan vaksinasi. ”Memenuhi target capaian 70 persen pada Agustus mendatang rasanya sulit,” ujarnya.

Syaf menuturkan, antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi sebenarnya tinggi. ”Terutama anak muda. Begitu info vaksinasi di-share di media sosial, mereka beramai-ramai mendaftar,” ungkapnya. Sebagian besar peserta vaksinasi massal kemarin juga anak muda.

Ada salah satu kejadian yang menyita perhatian saat vaksinasi kemarin. Sebab, salah seorang peserta vaksinasi asal Candi, Abdur Rasyid, tiba-tiba muntah dan lemas setelah divaksin. Syaf menjelaska­n bahwa kejadian itu bukan karena vaksinnya. ”Orangnya belum makan, lemes, dan takut jarum suntik. Lemasnya malah setelah disuntik,” jelas Syaf.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali bersama jajaran forkopimda kemarin meninjau vaksinasi 2.500 dosis di sana. ”Masih jam 10 yang datang sudah sepi, padahal baru dimulai pukul 08.15,” ujar Muhdlor.

Artinya, 2.500 dosis vaksin telah habis dalam dua jam. Lokasi vaksinasi juga sudah representa­tif. Luas tempat mengantre pun cukup memadai. Namun, saat pagi, Muhdlor mengakui bahwa memang terjadi antrean. Sebab, mayoritas warga datang terlalu pagi.

”Warga masuk dan datang di awal karena khawatir tidak dapat jatah. Mohon tenang karena yang menunjukka­n hasil pendaftara­n online pasti dilayani,” tuturnya.

Apalagi, pemkab sudah mengatur jadwal kedatangan. Jadi, peserta vaksinasi tidak perlu datang terlampau awal dari jadwal agar tidak terjadi penumpukan. Namun, jika belum terdaftar, warga sudah pasti tidak dilayani. ”Kami usahakan adakan kontinu vaksinasi seperti ini,” tandasnya. Hari ini vaksinasi kembali diadakan dengan 1.500 dosis.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? ANTUSIASME TINGGI: Warga Sidoarjo mengantre sejak pukul 07.00 untuk mengikuti vaksinasi yang diadakan pemkab di Stadion Gelora Delta kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS ANTUSIASME TINGGI: Warga Sidoarjo mengantre sejak pukul 07.00 untuk mengikuti vaksinasi yang diadakan pemkab di Stadion Gelora Delta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia