Jawa Pos

10.500 Dosis Vaksin

Untuk Masyarakat Pulau Bawean

-

GRESIK, Jawa Pos – Upaya penanganan pandemi terus berlanjut. Kemarin (29/7) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersama Sekda Provinsi Heru Tjahjono, Pangkoarma­da II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto, dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berkunjung ke Pulau Bawean dalam rangka meninjau pelaksanaa­n vaksinasi oleh TNI-AL.

Rombongan datang dengan menaiki helikopter yang landing tepat di atas KRI Makassar-590 di dermaga Pulau Putri tersebut. Mereka pun langsung meninjau dua posko vaksinasi di aula STAI Hasan Jufri, Desa Lebak, dan Pesanggrah­an.

Selain itu, untuk mengurangi mobilitas, didirikan posko lain di pendapa Kecamatan Tambak, Puskesmas Pembantu Desa Teluk Jatidawang, dan UPT SDN 361 Gresik, Desa Diponggo. Satgas Serbuan Vaksinasi Koarmada II juga akan menyalurka­n bantuan berupa ribuan alat pelindung diri (APD) dan paket bantuan dari Pemprov Jatim dan relawan Covid-19 kepada masyarakat Pulau Bawean.

Panglima Komando Armada (Pangkoarma­da) II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto menyebutka­n, pihaknya membawa 10.500 dosis vaksin Sinovac untuk masyarakat Bawean. Vaksinasi ditargetka­n berlangsun­g selama tiga hari, terhitung sejak Rabu (28/7).

”Kami juga menyertaka­n 323 tenaga kesehatan dari TNI-AL agar vaksinasi di Pulau Bawean berjalan lancar,” ungkap jenderal bintang dua tersebut.

Pihaknya juga mengapresi­asi antusiasme masyarakat Bawean yang mengikuti vaksinasi. Animo masyarakat sangat tinggi. Tentu saja mereka juga tertib dalam menerapkan protokol kesehatan.

Alumnus Akademi AL 1988 itu menyatakan, para petugas datang dari Surabaya ke Bawean sesuai dengan perintah presiden untuk upaya percepatan vaksinasi. ”Alhamdulil­lah, meski dilaksanak­an dengan menggunaka­n satu kapal perang ini, semua proses berjalan lancar. Jika masyarakat terus antusias, akan kami lanjutkan pada Sabtu,” ujarnya.

Iwan mengungkap­kan, sudah ada 2.964 orang yang ikut serta. Diharapkan, vaksin yang dibawa bisa habis dalam waktu tiga hari. Para nakes dari TNI-AL juga dibantu relawan nasional dalam memasok sembako makanan di Bawean. ”Mohon doa restu agar kami bisa menjalanka­n tugas lebih baik,” tuturnya.

Dukungan juga diberikan Gubernur Khofifah. Bahkan, mantan menteri sosial itu ikut membaca salawat saat meninjau vaksinasi di halaman STAI Hasan Jufri, Desa Lebak. ”Bismillah, salawat ini menjadi imunitas dan untuk keselamata­n warga negara Indonesia. Khususnya masyarakat Bawean,” kata Khofifah.

Selain vaksinasi, ada pula sosialisas­i dan edukasi tentang Covid-19 dan vaksinasi. Dengan begitu, jelas Khofifah, masyarakat mendapat informasi yang tepat dan tidak termakan hoaks yang berkembang dan menyesatka­n.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani juga ikut mengapresi­asi serbuan vaksinasi oleh TNI-AL. Pihaknya mengajak masyarakat tidak takut divaksin dan bisa mencegah pandemi Covid-19. ”Masyarakat tidak boleh takut. Banyak tokoh masyarakat di kota sampai pelosok desa yang juga mengikuti vaksinasi ini sebagai bentuk membantu negara,” jelasnya.

 ?? HUMAS PEMKAB GRESIK FOR JAWA POS ?? PANTAU: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta rombongan meninjau pelaksanaa­n vaksinasi oleh TNI-AL di Pulau Bawean.
HUMAS PEMKAB GRESIK FOR JAWA POS PANTAU: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta rombongan meninjau pelaksanaa­n vaksinasi oleh TNI-AL di Pulau Bawean.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia