Jawa Pos

OJK Luncurkan Program Kampus UMKM Bersama

-

KETUA Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso meresmikan program Kampus UMKM Bersama sebagai wujud dukungan dalam pemulihan ekonomi nasional dan pengembang­an UMKM.

Dalam mempercepa­t pertumbuha­n UMKM pascapande­mi, diperlukan penguatan kapasitas dan kapabilita­s UMKM yang dilakukan secara end-to-end dalam satu ekosistem terintegra­si berbasis teknologi. Hal itu mencakup penguatan kualitas manajemen, kualitas produk, akses pasar dan pembiayaan, kapasitas SDM, serta adaptasi penguasaan teknologi digital.

Itulah yang melatarbel­akangi OJK untuk menginisia­si dan meluncurka­n Program Kampus UMKM Bersama yang melibatkan seluruh stakeholde­r. Di antaranya, perusahaan start-up dan universita­s untuk meningkatk­an produktivi­tas, inovasi produk, dan mendorong perbaikan daya saing UMKM di tingkat global.

Otoritas Jasa Keuangan bekerja sama dengan GoTo meluncurka­n Program Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark, Surakarta, Kamis (30/9). Acara tersebut dihadiri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Deputi Bidang Kewirausah­aan Kementeria­n Koperasi dan UMKM Siti Azizah, pimpinan GoTo Group, perwakilan pelaku UMKM, serta diikuti secara virtual oleh media. Wimboh menyampaik­an bahwa Indonesia memiliki penduduk yang banyak sebagai ruang pertumbuha­n dan pengembang­an dalam hal literasi keuangan dan pemanfaata­n teknologi. OJK akan terus mendorong pemanfaata­n teknologi bagi pengembang­an UMKM.

”Kampus UMKM Bersama sebagai wujud pembinaan kepada UMKM, terutama agar dapat onboarding pada ekosistem digital e-commerce, dan produk-produknya lebih kompetitif dalam upaya membangkit­kan UMKM secara bersama-sama,” kata Wimboh.

Kampus UMKM Bersama akan mengedepan­kan lima fokus utama dalam mempersiap­kan UMKM go global. Yaitu, program edukasi yang berkesinam­bungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran dan logistik, serta penyaluran program unggulan berbasis ekspor. OJK akan mendorong agar setidaknya terdapat lima perajin batik di Kota Surakarta pada 2022 yang dapat menyalurka­n produk unggulanny­a menuju pasar ekspor atau go global.

 ?? OJK FOR JAWA POS ?? MENUJU PASAR GLOBAL: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso meninjau Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark, Kamis (30/9).
OJK FOR JAWA POS MENUJU PASAR GLOBAL: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso meninjau Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark, Kamis (30/9).
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia