Jawa Pos

Maverick Vinales Lepas Poin di Austin

-

MADRID – MotoGP musim ini sudah berjalan 14 seri. Sejauh ini, pembalap Aprilia Racing Team Gresini Maverick Vinales telah mengoleksi 98 poin. Ambisinya untuk menembus 100 poin pun harus tertunda. Sebab, pada seri ke-15 yang berlangsun­g akhir pekan ini, Vinales memilih absen. Ya, pembalap berkebangs­aan Spanyol itu absen pada GP AS di Circuit of the America (COTA), Austin, AS, akhir pekan ini.

Vinales masih berkabung setelah Dean Berta Vinales, adik sepupunya, meninggal karena mengalami kecelakaan tragis di WorldSSP30­0 di Sirkuit Jerez. Insiden itu terjadi pada Sabtu (25/9) akhir pekan lalu. ”Aprilia Racing Team mendukung keputusan ini (Vinales yang absen di Austin),” kata Aprilia dalam pernyataan tertulisny­a terkait dengan keputusan Vinales tersebut. Vinales, seperti dikutip laman Motorsport, juga mengakui bahwa sepeningga­l Dean Berta dirinya belum bisa mengatur fokus di balapan. Karena itu, dia memilih untuk beristirah­at sekaligus menenangka­n pikiran. ”Jujur, saya sebenarnya ingin menjadikan balapan kali ini sebagai tribute untuk sepupu saya, tetapi saat ini saya masih emosional. Itu membuatku sulit move on dan fokus,” tutur Vinales yang pernah merasakan podium pertama pada seri pertama di GP Qatar di Losail Internatio­nal Circuit, Lusail, Qatar. Tapi, saat itu dia masih membela tim Monster Energy Yamaha.

Selain ikatan keluarga, Vinales dan Dean Berta berada di bawah bendera yang sama pada awal musim, Yamaha. Dean Berta membalap untuk tim Yamaha YZF-R3 pada musim ini. Musim ini sebenarnya menjadi musim pertama pembalap yang masih berusia 15 tahun itu di WorldSSP30­0.

 ?? ANDREAS SOLARO/AFP PHOTO ?? MASIH BERKABUNG: Maverick Vinales saat menjalani sesi latihan bebas di Misano pada 17 September lalu.
ANDREAS SOLARO/AFP PHOTO MASIH BERKABUNG: Maverick Vinales saat menjalani sesi latihan bebas di Misano pada 17 September lalu.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia