Jawa Pos

KBS dan Surabaya North Quay Boleh Buka Lagi

-

SURABAYA – Geliat wisata di dalam kota bakal kembali bangkit. Pemkot sudah mendapatka­n lampu hijau dari pemerintah untuk membuka Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Surabaya North Quay di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepastian itu disampaika­n Wali Kota Eri Cahyadi kemarin (30/9). Beberapa hari yang lalu, pihaknya mendapatka­n informasi tersebut dari Kementeria­n Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparek­raf ).

Menurut Eri, sebelum membuka tempat wisata, pemkot diminta melakukan persiapan protokol kesehatan. Di antaranya, memakai QR code aplikasi PeduliLind­ungi, mengatur akses keluar masuk, menyediaka­n saranapras­arana seperti wastafel serta hand sanitizer, serta mengatur jumlah pengunjung. Metode pembayaran juga diatur. Pemerintah meminta tidak ada pembayaran langsung. ”Tiket disediakan online,” ucapnya.

Lantas, kapan dibuka? Eri menjelaska­n, selepas mendapatka­n informasi itu, satgas segera turun ke KBS serta Surabaya North Quay. Petugas berdiskusi dengan pengelola agar secepatnya memenuhi persyarata­n. Targetnya, tidak lama lagi tempat wisata itu beroperasi. Wisatawan kembali bisa berkunjung. ”Aku yo wes kangen numpak gajah, Rek,’’ kata dia.

Pantauan Jawa Pos kemarin (30/9), QR code aplikasi PeduliLind­ungi sudah dipasang di pintu masuk dan pintu keluar KBS. ”Aplikasi sudah dipasang sejak Rabu (29 September, Red),’’ kata petugas sekuriti KBS Agus Kamiludin kemarin.

Humas KBS Agus Supangat menyampaik­an, aplikasi PeduliLind­ungi disiapkan untuk menskrinin­g setiap pengunjung. Tujuannya, deteksi dini untuk mencegah kemungkina­n penularan Covid-19 di area wisata. Terutama membuktika­n bahwa yang bersangkut­an sudah divaksin Covid-19. ”Bukan hanya pengunjung, pegawai juga diskrining,’’ jelas Agus.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PATUHI PROKES: Pegawai KBS Agus Kamiludin tengah memasang imbauan patuh protokol kesehatan di pintu masuk taman satwa itu. Sudah dipasang pula QR code PeduliLind­ungi yang harus di-scan oleh pengunjung. Pembukaan resmi menunggu lampu hijau dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS PATUHI PROKES: Pegawai KBS Agus Kamiludin tengah memasang imbauan patuh protokol kesehatan di pintu masuk taman satwa itu. Sudah dipasang pula QR code PeduliLind­ungi yang harus di-scan oleh pengunjung. Pembukaan resmi menunggu lampu hijau dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia