Jawa Pos

Siapkan Perahu dan Dermaga Apung

Dukung Wisata Air Kalimas

-

SURABAYA – Penambahan rute wisata air ke wilayah utara dilakukan akhir tahun ini. Untuk mendukung program tersebut, Pelindo III terus menata Taman Petekan. Sejumlah sarana ditambahka­n untuk memudahkan penumpang naik turun perahu.

Pelindo III telah memasang ponton terapung di Taman Petekan. Sarana itu dipasang di dua titik. Selain untuk keamanan penumpang perahu, dermaga apung berfungsi untuk memantau debit air.

Kepala Humas PT Pelindo III Regional Jatim Rendy Fendy menyatakan, Taman Petekan menjadi salah satu ikon wisata Kalimas di sisi utara. Pelindo telah menyiapkan perahu yang akan dipakai untuk wisatawan. ”Nanti wisatawan naik turun lewat dermaga di Taman Petekan,” kata Rendy.

Lantas, kapan perahu bakal difungsika­n? Rendy menjelaska­n bahwa rencana pengoperas­ian perahu masih dibahas. ”Belum diketahui. Yang pasti, mekanisme naik perahu sudah dibuat,” jelas Rendy.

Saat ini perahu wisata di kawasan utara memang belum bisa dioperasik­an. Pelindo masih menunggu pembanguna­n Rumah Pompa Petekan rampung. Sebab, selama proyek berlangsun­g, sungai belum bisa dilewati perahu secara maksimal.

Selain pembanguna­n rumah pompa belum tuntas, masih banyak persoalan yang perlu diselesaik­an terkait dengan wisata air. Kawasan Sungai Kalimas sisi utara belum sepenuhnya tertata. Banyak sampah yang dibuang ke sungai. Selain itu, sebagian plengsenga­n di bantaran kali rusak.

Wisata Air Kalimas merupakan program andalan Pemkot Surabaya. Sebelumnya, ada rute perahu dari Taman Ekspresi hingga Taman Prestasi. Rencananya, rute diperpanja­ng melewati Jembatan Merah dan berujung di Petekan. Tujuan program itu bukan sekadar wisata susur sungai. Pemkot juga berkeingin­an membuat wisata heritage kota tua. Keinginan tersebut diwujudkan dengan mengajak turis melihat bangunan bersejarah dari perahu di atas sungai.

Rendy menegaskan, saat ini Taman Petekan telah dibuka untuk masyarakat umum. Ada sejumlah syarat yang wajib dipenuhi pengunjung. Selain memindai QR code melalui aplikasi PeduliLind­ungi, mereka harus sudah menjalani vaksinasi. ”Prokes tetap diterapkan. Jumlah pengunjung dibatasi untuk mencegah kerumunan,” ujar Rendy.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? MULTIFUNGS­I: Ponton terapung yang dibangun Pelindo III di Taman Petekan. Sarana itu dipasang di dua titik.
EKO HENDRI/JAWA POS MULTIFUNGS­I: Ponton terapung yang dibangun Pelindo III di Taman Petekan. Sarana itu dipasang di dua titik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia