Jawa Pos

Kurang 6 Persen Capai Herd Immunity

-

GRESIK – Kurang sedikit lagi Gresik bisa mencapai target herd immunity. Dari target 70 persen capaian hingga kemarin (30/9), data dinas kesehatan menunjukka­n capaian sebesar 64 persen.

Kemarin Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto mengunjung­i serbuan vaksinasi terhadap ribuan sasaran di Wisma A. Yani, Jalan Veteran. Dalam program vaksinasi hasil kerja sama OJK, Bank Jatim, dan Pemkab Gresik, jenderal bintang dua itu menyebutka­n bahwa pelaksanaa­n tersebut merupakan kerja sama yang bagus. Apalagi, pihaknya mendapat perintah langsung dari kepala staf angkatan laut.

’’Ini ada delapan kecamatan, kurang lebih 11.500 dosis. Mudah-mudahan selama dua hari ini bisa mencapai target 30 ribu,’’ ucap Iwan.

Dia menyebutka­n, bukan hanya di Gresik, melainkan juga aglomerasi Surabaya Raya. Dengan serbuan vaksinasi itu, pihaknya berharap pemulihan ekonomi nasional bisa segera terealisas­i. ’’Saya yakin, apabila herd immunity diwujudkan, percepatan ekonomi nasional bisa segera terwujud,’’ ujarnya.

Perlu diketahui, pelaksanaa­n vaksinasi di Wisma Ahmad Yani kemarin menyasar 1.500 dosis. Lainnya tersebar di delapan kecamatan.

Sementara itu, Bupati Fandi Akhmad Yani yang turut mendamping­i Pangkoarma­da menyampaik­an bahwa kasus di Gresik saat ini cenderung turun. Namun, pihaknya meminta masyarakat dan satgas Covid-19 tetap waspada. ’’Per 29 Oktober, Gresik sudah 64 persen. Itu akan kami kejar terus,’’ ucap Yani, sapaan Bupati Fandi Akhmad Yani.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik Mukhibatul Khusna mengakui apabila kemarin seharusnya Gresik mencapai 70 persen capaian vaksinasi. Namun, masih kurang sekitar 29.566 dosis.

Dokter mantan kepala Puskesmas Sukomulyo itu menyebutka­n, sesuai dengan Imendagri 43/2021, memang apabila capaian vaksinasi sudah 70 persen, PPKM bisa turun ke level 2. Namun, bukan hanya itu syaratnya, melainkan juga capaian vaksinasi terhadap lansia yang mencapai 40 persen.

’’Gresik belum mencapai itu,’’ tutup Khusna.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia