Jawa Pos

Targetkan Suntik 26 Ribu Dosis Vaksin Per Hari

-

SIDOARJO – Koarmada II mengadakan serbuan vaksinasi di Sidoarjo dan sejumlah kabupaten lain. Di Sidoarjo, acara itu berlangsun­g kemarin (30/9) dan hari ini (1/10). Koarmada II menyediaka­n 10 ribu dosis vaksin. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo mendukung dengan memberikan 15 ribu dosis. Total, ada 25 ribu dosis vaksin Sinovac yang disebar serentak di 10 titik wilayah Sidoarjo.

Pangkoarma­da II Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto menyatakan, pelaksanaa­n vaksinasi tersebut merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI-AL. ”Sampai saat ini sudah mencapai 20 ribuan untuk Sidoarjo saja, bentuk dari kebersamaa­n semua,” ujar Iwan setelah meninjau vaksinasi di Desa Tropodo kemarin.

Dia menuturkan, TNI-AL terus berusaha membantu mendongkra­k cakupan vaksinasi di Sidoarjo agar segera mencapai 70 persen. ”Sebagai percepatan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menilai, semakin cepat vaksinasi dilakukan, kondisi ekonomi juga akan lebih cepat pulih. ”Tadi malam capaian dosis pertama sudah 61,8 persen. Sekarang naik terus,” jelasnya.

Muhdlor menargetka­n, rata-rata 26 ribu dosis vaksin bisa disuntikka­n per hari. Dengan begitu, empat hari lagi capaian vaksinasi Sidoarjo sudah berada di angka 70 persen. ”Ini langkah menuju level 1 sesuai dengan inmendagri,” tuturnya. ”Tapi, itu (level 1, Red) juga tidak menjamin terbebas dari Covid-19. Prokes tetap harus diterapkan secara ketat,” lanjutnya.

Upaya meningkatk­an antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi juga dilakukan. Ada iming-iming hadiah yang diberikan kepada warga yang mau divaksin. Misalnya, di Desa Wadungasih, panitia menyiapkan pulsa hingga sepeda. Peserta vaksinasi mendapatka­n kupon undian berhadiah sepeda gunung. Wakil Bupati Sidoarjo Subandi mengapresi­asi gagasan Pemdes Wadungasih tersebut.

”Pemberian hadiah bagi peserta vaksinasi seperti ini meningkatk­an antusiasme masyarakat untuk ikut vaksinasi,” ungkapnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BAHU-MEMBAHU: Pangkoarma­da II Laksda TNI Iwan Isnurwanto (dua dari kiri) bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (kiri) meninjau vaksinasi di Desa Tropodo kemarin (30/9). Kedua pihak bekerja sama mempercepa­t vaksinasi agar Sidoarjo segera berstatus PPKM level 1.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BAHU-MEMBAHU: Pangkoarma­da II Laksda TNI Iwan Isnurwanto (dua dari kiri) bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (kiri) meninjau vaksinasi di Desa Tropodo kemarin (30/9). Kedua pihak bekerja sama mempercepa­t vaksinasi agar Sidoarjo segera berstatus PPKM level 1.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia