Jawa Pos

Wapres Tinjau Halal Industrial Park Sidoarjo

-

SIDOARJO – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengunjung­i Halal Industrial Park Sidoarjo (HIPS) di kawasan Safe n Lock di Lingkar Timur kemarin (30/9). HIPS merupakan satu-satunya kawasan industri halal (KIH) di Jawa Timur (Jatim).

Dalam kesempatan tersebut, Ma’ruf Amin secara simbolis melepas ekspor produk halal UMKM ke-101 Sariraya Indonesia melalui HIPS. Produk berupa aneka olahan kerupuk itu dikirimkan ke Nagoya, Jepang. Tepatnya ke Sariraya Co Ltd dan Halal Global Solution Co Ltd di Jepang.

Wapres menyebut pembanguna­n kawasan industri halal Sidoarjo sebagai salah satu upaya pengembang­an ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Pengembang­an kawasan tersebut merupakan bagian dari salah satu program yang dikembangk­an pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Indonesia berpotensi besar mengembang­kan industri halal. Apalagi, Indonesia merupakan konsumen produk halal terbesar di dunia. Mayoritas pendudukny­a adalah muslim. Untuk menangkap potensi tersebut, Indonesia mengembang­kan industri halal. Misalnya, membangun kawasan industri dengan berbagai fasilitas yang terintegra­si. Mulai pengurusan izin, sertifikas­i halal, permodalan, hingga packaging sesuai dengan standar internasio­nal.

”Kita memiliki potensi besar, baik SDA-nya maupun para pengusaha, yang selama ini belum kita kembangkan dengan baik,” ungkap Ma’ruf. Di Sidoarjo, KIH berdiri di atas lahan seluas 148 hektare.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaska­n, Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk muslim terbesar. Namun, impor produk halalnya juga cukup tinggi. Padahal, Indonesia mampu memproduks­i produk halal sendiri jika didorong dengan baik.

 ?? PEMKAB SIDOARJO FOR JAWA POS ?? MENDUNIA: Wapres Ma’ruf Amin (kiri) secara simbolis melepas ekspor ke Jepang di HIPS kemarin.
PEMKAB SIDOARJO FOR JAWA POS MENDUNIA: Wapres Ma’ruf Amin (kiri) secara simbolis melepas ekspor ke Jepang di HIPS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia