Jawa Pos

Song Joong-ki dan Park So-dam Buka BIFF 2021

-

BUSAN – Festival Film Internasio­nal Busan atau Busan Internatio­nalFilmFes­tival(BIFF)2021 dimulaipad­aRabu(6/10)malam waktusetem­pat.Ajangpengh­argaan tahunan itu dibuka dengan seremoni dan karpet merah di Busan Cinema Center. Host BIFF 2021 Song Joong-ki dan Park So-dam menyambutg­embirapela­ksanaan acara secara langsung tersebut.

”Memuaskan rasanya bisa bertemu dengan kalian semua secara langsung, bukan lewat video call. Tentu saja, ini adalah momen yang menyentuh dan berharga,” kata Joong-ki.

So-dammenutur­kan,duatahun terakhir merupakan masa yang beratbagii­ndustriper­filmanKore­a dan dunia. ”Kami harap BIFF memberikit­asemuapeng­hiburan dan harapan untuk pulih,” tutur aktrisyang­melejitlew­atFilmTerb­aik Oscars 2020 Parasite tersebut.

Hadirin yang datang di pembukaan juga memberikan apresiasi kepada tim pelaksana BIFF 2021. Tahun lalu festival yang dimulai pada 1996 itu berubah total. Tidak ada pembukaan maupun penutupan. Skala acara pun diperkecil. ”Aku merindukan hal-hal seperti ini. Apa lagi yang bisa kukatakan?” ujar aktor veteran Choi Min-sik.

Seremoni pembukaan BIFF 2021 dipungkasi dengan pemutaran Heaven: To the Land of Happiness besutan Im Sang-soo. Sang-soo menceritak­an bahwa film tersebut mengisahka­n persahabat­anduapria–diperankan

Choi Min-sik dan Park Hye-il– yang menderita penyakit mematikan. Mereka berusaha menikmati sisa hidup, tetapi justru terjebak dalam masalah baru.

Sang-soo, yang dikenal dengan film bertema gelap, menilai Heaven: To the Land of Happiness menampilka­n kehidupan dalam sudut pandang orang tua. ”Film ini menghangat­kan hati. Makin tua, aku mulai berpikir tentang kematian dengan lebih detail. Aku menciptaka­n film ini dengan pola pikir tadi,” jelasnya.

Di BIFF 2021, industri film Indonesia diwakili empat film. Yakni, Yuni; Seperti Rindu, Dendam Harus Dibayar Tuntas; Penyalin Cahaya; dan film dokumenter Laut Memanggilk­u karya Tumpal Tampubolon. Yuni dan Seperti Rindu, Dendam Harus Dibayar Tuntas ditayangka­n di segmen A Window of Asian Cinema.

Proyek besutan Wregas Bhanuteja Penyalin Cahaya masuk dalam kompetisi New Currents yang mewadahi karya sutradara pendatang baru. Sementara itu, dokumenter Laut Memanggilk­u menjadi 1 di antara 10 nomine untuk kategori Wide Angle.

Bintang utama Penyalin Cahaya Shenina Cinnamon yang hadir dalam pembukaan itu memanfaatk­an momen dengan berfoto bareng para bintang K-drama. Yakni, Joong-ki dan pemain Neverthele­ss Han So-hee serta sutradara Parasite Bong Joon-ho.

 ?? ?? SEREMONI: Song Joong-ki menjadi host malam pembukaan BIFF 2021 pada Rabu (6/10). Festival itu berlangsun­g sampai 15 Oktober. Bintang utama Penyalin Cahaya, Shenina Cinnamon, selfie bareng aktris Han So-hee.
SEREMONI: Song Joong-ki menjadi host malam pembukaan BIFF 2021 pada Rabu (6/10). Festival itu berlangsun­g sampai 15 Oktober. Bintang utama Penyalin Cahaya, Shenina Cinnamon, selfie bareng aktris Han So-hee.
 ?? SOOMPI INSTAGRAM SHENINA CINNAMON ??
SOOMPI INSTAGRAM SHENINA CINNAMON

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia