Jawa Pos

1 Juta PKL dan Pemilik Warung Dapat Bantuan Rp 1,2 Juta

-

JOGJAKARTA – Di kawasan Malioboro kemarin (9/10) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurka­n bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BT-PKLW). Presiden berharap masyarakat yang menjalanka­n usaha mikro bisa bangkit setelah terkena dampak pandemi Covid-19.

”Diberikan bantuan sebesar Rp 1,2 juta per orang dan dimulai kali pertama di kawasan Malioboro, Jogjakarta,” ujar Jokowi yang didampingi Menko Perekonomi­an Airlangga Hartarto dan Gubernur DI Jogjakarta Sri Sultan Hamengkubu­wono X. Bantuan tersebut diberikan terutama kepada PKL dan warung atas dampak penerapan PPKM level 4 di 141 kabupaten/ kota di 28 provinsi berdasar Inmendagri Nomor 27 dan 28 Tahun 2021. Tujuan utamanya ialah mendorong PKL dan pemilik warung bisa segera bangkit kembali seiring dengan perbaikan situasi pandemi. ”Para penerima BT-PKLW adalah PKL dan pemilik warung yang belum mendapatka­n bantuan melalui skema banpres produktif usaha mikro (BPUM),” imbuh Jokowi.

Bantuan tersebut diberikan untuk 1 juta PKL dan warungwaru­ng kecil di seluruh Indonesia. Masing-masing mendapatka­n Rp 1,2 juta. Bantuan diberikan sampai akhir 2021.

Dengan penyerahan kemarin, secara bersamaan dilakukan penyaluran di 141 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia oleh TNI dan Polri.

Petugas TNI dan Polri terjun langsung untuk mendata dan memverifik­asi PKL serta pemilik warung yang berhak menerima bantuan BT-PKLW. Selanjutny­a, calon penerima akan menerima undangan untuk pengambila­n BT-PKLW di kantor polres atau kodim setempat. ”Per 8 Oktober 2021, data calon penerima yang sudah masuk sebesar 930.773 orang dan sebagian besar sudah terverifik­asi,” kata Airlangga. Data itu terus ditingkatk­an dan diproses hingga mencapai angka yang ditargetka­n.

Program BT-PKLW diinisiasi untuk melengkapi program pemerintah yang sudah berjalan selama ini. Di antaranya BPUM, subsidi bunga KUR, penjaminan kredit modal kerja UMKM, PPh final UMKM ditanggung pemerintah, dan restruktur­isasi kredit UMKM.

 ?? LAILY RACHEV/SETPRES ?? TERDAMPAK PANDEMI: Presiden Joko Widodo menyerahka­n bantuan untuk pedagang kaki lima dan warung di kawasan Malioboro, Jogjakarta, kemarin (9/10).
LAILY RACHEV/SETPRES TERDAMPAK PANDEMI: Presiden Joko Widodo menyerahka­n bantuan untuk pedagang kaki lima dan warung di kawasan Malioboro, Jogjakarta, kemarin (9/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia