Jawa Pos

Kans Hadirkan Penonton di Seri 4

-

JAKARTA – Kompetisi BRI Liga 1 musim 2021–2022 memiliki kans untuk dihadiri penonton. Hanya, penonton mungkin baru bisa menyaksika­n pertanding­an dari tribun pada awal 2022. Atau, pada Seri 4. Itu pun, menurut Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, masih menunggu hasil kajian dari pihak yang berwenang. ”Kajian (suporter bisa hadir) belum selesai. Target selesai akhir tahun ini, kita lihat saja hasilnya,’’ ungkapnya kepada Jawa Pos kemarin.

Pria yang akrab disapa Luluk itu melanjutka­n, untuk bisa menghadirk­an penonton, izin atau rekomendas­i pemerintah sangat menentukan. Pihaknya bakal manut apa pun keputusan pemerintah. Hingga saat ini PT LIB masih memegang instruksi

Mendagri yang meminta penyelengg­araan Liga 1 tanpa penonton. ”Yang jadi rujukan kami dari FIFA dan AFC,’’ ujarnya.

Andaipun nanti sudah bisa disaksikan penonton, kemungkina­n tidak akan full. Penonton yang hadir diperkirak­an 25 persen dari kapasitas stadion. Di Indonesia, event yang sudah dihadiri penonton adalah ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020. Itu pun dengan syarat yang ketat. Di antaranya, sekitar 70 persen masyarakat di sekitar venue sudah divaksin untuk mencegah persebaran Covid-19.

Sejauh ini, kompetisi Liga 1 maupun Liga 2 masih tanpa penonton. Mereka yang masuk venue pun tidak lebih dari 299 orang. Itu meliputi ofisial, perangkat pertanding­an, hingga bidang lain seperti media.

Nah, bagaimana jika hasil kajian nanti memperbole­hkan suporter masuk stadion? Koordinato­r Tribun Kidul Sinyo Devara menyebutka­n, bisa hadirnya penonton di stadion menjadi kabar yang sangat dinantikan suporter di Indonesia. Hanya, dia menekankan agar nanti penonton tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak menjadi klaster baru. ”Tetap harus jaga jarak, pakai masker,’’ ujarnya.

Sinyo sendiri memiliki pengalaman nonton langsung pertanding­an sepak bola saat mendukung tim Jawa Timur di ajang PON. Kalau di PON, lanjut dia, penonton bisa masuk venue dan wajib menunjukka­n kartu vaksinasi. ”Ada juga di beberapa venue yang harus swab dulu sebelum masuk ke venue dan swab tersebut berlaku dua hari sekali. Sebetulnya, itu bisa di coba di Jawa nantinya,” sebutnya.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ??
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia