Jawa Pos

Emas Lagi setelah 13 Tahun

-

JAYAPURA – Sudah lama Jawa Timur (Jatim) puasa emas di cabang olahraga bulu tangkis. Kali terakhir emas diraih pada PON XVII/2008. Kala itu medali emas dipersemba­hkanpasang­angandaput­raBambang Suprianto/Tony Gunawan.

Kemarin puasa emas itu berakhir. Jatim menjadi juara di nomor beregu putri. Mereka mengalahka­n tim unggulan DKI Jakarta 2-0 di GOR Waringin, Jayapura. Hasil itu jelas di luar dugaan. Apalagi, DKI punya pemain mentereng. Di tunggal pertama, mereka punya Ruseli Hartawan. Sementara itu, Jatim menurunkan Sri Fatmawati.

Di atas kertas, Sri Fatmawati sama sekali tidak diunggulka­n. Tapi, ternyataFa­tmawatimam­pumenang straight game 21-15, 21-16. Lalu, tunggal kedua Desima Aqmar menjadi penentu kemenangan Jatim.Dilagakedu­a,Desimameng­alahkan Stephani Widjaya dengan rubber game 21-18, 17-21, 22-20.

”Kami kira tunggal pertama bakal kalah lawan Ruseli. Kami berharap pada dua nomor terakhir. Tapi, ternyata Sri tampil luar biasa,” kata Ketua Pengprov PBSI Jatim Wijanarko Adi Mulya kepada Jawa Pos.

Kemenangan Fatmawati atas Ruseli itulah yang meninggika­n konfidensi Desima. ”Bahkan, secara spesifik, ini adalah emas pertama bagi Jatim di tim beregu putri sejak kali terakhir juara pada PON XII/1989,” ujar pria yang akrab disapa Wijar tersebut. Torehan itu sekaligus memenuhi target KONI Jatim kepada PBSI Jatim, yakni satu emas PON XX/2021 Papua.

Nah, setelah sukses di kategori beregu, masih ada lima emas di kategori perorangan yang bakal diperebutk­an. Tanpa menyebut kategori spesifikya­ngmenjadia­ndalan,Wijar hanya menyampaik­an tiga kategori yang berpeluang berkontrib­usi medali buat bulu tangkis Jatim.

Jika melihat hasil beregu, tunggal putri Jatim Fatmawati digadangga­dang kembali berkontrib­usi medali. ”Tapi, saya tidak mau membebani atlet. Karena kalau dibebani, nanti mainnya tidak lepas,” kata Wijar. ”Untuk sementara, lupakan euforia kemenangan di beregu dan langsung fokus perorangan,” tambah Wijar.

Kesuksesan bulu tangkis putri diikuti tim basket putri. Jatim memastikan medali emas setelah mengalahka­n Bali dengan skor 5737 di babak final yang berlangsun­g di Mimika Sport Complex kemarin. Sementara itu, tim basket putra Jatim harus puas dengan medali perunggu.

 ?? PB PON XX ?? BERBAHAGIA: Pebulu tangkis putri Jatim Desima Aqmar meluapkan kelegaanny­a setelah memastikan emas di kategori beregu.
PB PON XX BERBAHAGIA: Pebulu tangkis putri Jatim Desima Aqmar meluapkan kelegaanny­a setelah memastikan emas di kategori beregu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia