Jawa Pos

Jangan Puas Cuma Imbang

-

JAYAPURA – Tim sepak bola Jawa Timur (Jatim) sudah sangat dekat dengan tiket lolos semifinal. Kemenangan 5-1 atas Kalimantan Timur Jumat (8/10) lalu membuat Jatim berada di puncak grup E dengan torehan tiga angka.

Tugas pemungkas Jatim pada babak enam besar menghadapi­Jabarharii­ni(10/10) di Stadion Barnabas Youwe menjadi laga kedua Jatim di grup E. Hasil imbang sudah memastikan tiket Jatim ke semifinal.

Pelatih Jatim Rudy William Keltjes ogah main aman dengan membidik hasil imbang. Rudy tetap ingin Jatim meraup poin absolut. ”Saya pelatih yang haus menang. Kalau kalah, buat apa? Main ya harus menang,’’ tegas pelatih 69 tahun tersebut.

Karena itu, Rudy memastikan timnya bakal habis-habisan menghadapi Jabar. Menurut hitung-hitungan kelolosan, meski Jatim kalah oleh Jabar asal tidak kebobolan lima gol, Ibnu Hajar dkk tetap melenggang ke empat besar.

Menjelang laga lawan Jabar, Rudy mengisyara­tkan adanya rotasi pemain. Alasan rotasi, menurut eks pemain Persebaya Surabaya itu, adalah memberikan minute play alias jam terbang kepada beberapa pemain.

Meski ada rotasi, Rudy tidak melihat kegarangan timnya akan berkurang. ”Karena 20 pemain yang saya bawa ke Jayapura ini punya kualitas yang sama. Kualitas main akan tetap bagus,” tutur Rudy.

Posisi kiper sangat mungkin dirotasi. Kiper utama Dicki Agung masih mengalami memar di bagian lutut. Posisinya akan digantikan Eko Saputro. ”Tapi, Eko ini juga punya kualitas bagus kok,’’ ucap Rudy.

Untuk posisi tukang gedor, M. Faisol Yunus mungkin masih jadi tumpuan. Pemain asli

Jember itu sejauh ini tampil memukau dengan torehan lima gol dari empat laga. Torehan lima gol juga membuat Faisol berada di daftar top scorer. Dia hanya kalah oleh striker Papua Ricky Ricardo Cawor yang sudah mengemas tujuh gol.

”Saya minta dia (Faisol) agar konsisten. Kendala pemain muda kan kadang soal itu (konsistens­i, Red),’’ tutur pelatih asal Situbondo itu. ”Tapi, Faisol punya cara untuk menjaga performa. Dan yang penting, dia harus atur jam istirahat yang cukup,’’ tambah Rudy.

Bagi Jabar, laga melawan Jatim dipastikan superberat.

Apalagi peluang mereka untuk lolos cukup tipis. Jabar sebagai juru kunci grup E harus menang atas Jatim dengan skor berapa pun. Sebab, jika menang, mereka unggul selisih gol atas Kaltim.

Jabar ogah lempar handuk. ”Insya Allah, kami akan maksimalka­n sekecil apa pun peluang yang ada untuk meraih poin penuh,’’ kata pelatih Jabar Yudhiantar­a. Dia berharap anak asuhnya tidak terbebani. ”Tentunya, mental anak-anak harus tetap terjaga untuk pertanding­an menentukan lawan Jatim,’’ tutur Yudhiantar­a.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? UNJUK GIGI: Kolaborasi Dian Sasongko (kanan) dan Ibnu Hajar menjadi dinamo tim Jatim di lini tengah.
ANGGER BONDAN/JAWA POS UNJUK GIGI: Kolaborasi Dian Sasongko (kanan) dan Ibnu Hajar menjadi dinamo tim Jatim di lini tengah.
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia