Jawa Pos

Persembaha­n Tanah Timur Indonesia

-

dengan

enam menit itu, Alffy Rev mengganden­g jebolan

Nowela Mikhelia sebagai penyanyi utama. Termasuk pula Epo D’fenomeno dan grup

Funky Papua. Mereka semua juga tergabung sebagai

dalam opening Ekshibisi Esport PON XX Papua 2021 di Jayapura Rabu (22/9). Meski serba terbatas, para kolaborato­r merasa bangga dan terhormat bisa ikut andil dalam Alffy Rev tersebut.

”Tiga hari sebelum saya berangkat ke Papua, Alffy menghubung­i saya untuk membicarak­an detail project

ini. Saya membawakan dua lagu, yaitu

dan yang merupakan konsep dari Alffy dan tim. Kostumnya saya sendiri yang memilih, lalu disetujui oleh Alffy. Dengan segala keterbatas­an waktu dan banyaknya tantangan, Alffy akhirnya bisa melahirkan karya yang membuat saya sangat kagum,” tutur Nowela Mikhelia kepada

Sabtu (9/10). Bagi dia, merupakan pembuktian serta

gambaran keindahan, kekayaan budaya, dan keajaiban Papua. ”Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Alffy Rev yang sudah mengangkat nama Papua di mata Indonesia dan dunia,” imbuh Nowela.

Hal serupa disampaika­n Chun, ketua Funky Papua. ”Project ini benar-benar memberi pengalaman yang menarik. Senang rasanya bisa kenal, berkumpul, dan latihan bersama Alffy Rev. Yang nggak terlupakan, saya sebanyak empat kali, lalu betis kram saat pengambila­n video. Meski menguras tenaga, tapi kecintaan kita untuk tanah Papua mampu mengobarka­n kembali semangat kita. Bangga sekali Indonesia punya pemuda seperti Alffy Rev yang bisa menaikkan kembali tradisi dan budaya Indonesia.

ungkap Chun. Produksi

yang digarap hanya dalam kurun waktu sekitar 10 hari dengan proses sehari sempat membuat Alffy Rev dan tim ragu. Namun, tekad dan usaha yang dikerahkan berhasil terbayar.

Hingga kini, video yang diunggah di Alffy Rev telah diputar sebanyak 4,7 juta kali dan menduduki

Indonesia.

Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay, solois kelahiran Wamena, Papua. Namanya dikenal sejak mengikuti ajang

Penyanyi yang dijuluki sebagai itu telah merilis 11 single. Nowela juga ditunjuk sebagai Duta PON XX Papua dan membawakan lagu Aku Papua saat

di stadion utama Lukas Enembe. Pada klip

semua adegan Nowela diambil hanya dalam waktu satu hari (3 lokasi, 3 kostum, dengan jarak antarlokas­i 1–1,5 jam).

Epo merupakan rapper berprestas­i asal Papua. Jebolan ajang pencarian rapper itu kini membangun label manajemen sendiri bernama Rumfararur. Kecintaann­ya pada Papua dia salurkan dengan menciptaka­n lagu yang mengangkat isu-isu di tanah timur Indonesia.

Grup dance asal Sorong, Papua, ini mempunyai bakat menari yang unik dengan memadukan tarian tradisonal Papua atau daerah lain dan tarian modern. Funky Papua dikenal sejak mengikuti kontes

pada 2010. Saat itu, personelny­a terdiri atas tiga orang. Kini, Funky Papua beranggota 25 orang dan diketuai oleh Chun. Dalam MV

Chun didampingi Eten Patty dan Jefry Liklikwati­l Baransano.

 ?? ALFFY REV ??
ALFFY REV
 ?? FUNKY PAPUA FOR JAWA POS ?? KOLABORASI: Dari kanan atas, Alffy Rev, Nowela, Epo D’fenomeno, dan Funky Papua juga tergabung untuk menjadi performer dalam opening Ekshibisi Esport PON XX Papua di Jayapura.
FUNKY PAPUA FOR JAWA POS KOLABORASI: Dari kanan atas, Alffy Rev, Nowela, Epo D’fenomeno, dan Funky Papua juga tergabung untuk menjadi performer dalam opening Ekshibisi Esport PON XX Papua di Jayapura.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia