Jawa Pos

Ikut Mempersiap­kan Kebutuhan Sekolah

-

INDAH Carolina tak kalah antusias dengan Habibi, 11, setelah tahu pengumuman bahwa siswa akan belajar kembali di sekolah. Kali pertama mendengar informasi tersebut yang disampaika­n sekolah melalui online (dalam jaringan), Habibi lantas berteriak. Indah yang ada di samping Habibi sempat kaget.

”Hore main di sekolah lagi, kata si Habibi. Habibi ada di sebelah aku. Karena sekolah mewajibkan siswa ikut Zoom (online, Red) waktu itu,” kata Indah. Selama 1,5 tahun, Habibi tak bisa bertemu dengan teman-temannya.

Sebetulnya, Indah bisa mengajak Habibi ke rumah teman sekolahnya. Namun, ibu dua anak itu khawatir dengan kondisi Covid-19. Habibi hanya bertemu lewat video call atau ketika pelajaran online kelasnya dimulai.

Habibi mulai kembali ke sekolah pada Senin (4/10) lalu. Di sekolah, per kelas hanya ada 5–7 anak. ”Ketat banget sekolahann­ya. Anak juga wajib membawa masker tambahan di tas dan sanitizer,” ujar Indah.

Pada hari perdana kembali ke sekolah, Indah mengungkap­kan, Habibi sempat rewel, tapi tidak over. Hanya malas bangun dan minta tidur pagi lagi. Sementara itu, jam masuk sekolah pukul 07.00. Butuh waktu 30 menit buat sampai ke sekolah. Belum kepotong waktu untuk sarapan.

Pada hari sebelumnya, Indah sudah menyusun strategi. Dia menyiapkan sarapan lebih pagi. ”Kalau masih sekolah online, Habibi sarapan pukul 08.00. Aku masak pukul 06.30 sih. Karena anak masuk sekolah, sarapan harus matang pukul 06.00,” ucapnya.

Malam hari sebelumnya, dia ikut mempersiap­kan keperluan Habibi. Hal itu bertujuan untuk membangun bonding kepada anak. ”Supaya anak merasa, wah semangatny­a masuk sekolah sama kayak mamanya. Paginya juga biar tidak ribet nyiapin buku,” tambahnya.

Beda lagi dengan Sintia Ardianti. Tahun ini, Kenzo Lorenso, 7, mulai masuk sekolah ke jenjang sekolah dasar. Jika Habibi mulai belajar di sekolah, lain halnya dengan Kenzo. ”Jadi murid baru, tapi masih sekolah online,” katanya.

Mommy kelahiran Bandung itu menuturkan, ketika anak tantrum saat masuk sekolah, parent perlu menanyakan kenapa. Apa karena anak tidak nyaman? Atau, apa yang membuat anak rewel?

 ?? SINTIA ARDIANTI FOR JAWA POS ?? KASIH DUKUNGAN: Sintia Ardianti bersama Kenzo Lorenso (kiri) yang tahun ini baru masuk sekolah.
SINTIA ARDIANTI FOR JAWA POS KASIH DUKUNGAN: Sintia Ardianti bersama Kenzo Lorenso (kiri) yang tahun ini baru masuk sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia