Jawa Pos

Pandemi, Kasus Penelantar­an Pendidikan Anak Naik

-

SURABAYA

– Tak hanya membuat aktivitas belajar-mengajar sempat lumpuh, hantaman pandemi Covid-19 ternyata juga berimbas pada kelanjutan pendidikan sebagian anak di Jatim. Tak sedikit yang terpaksa putus sekolah.

Lembaga Perlindung­an Anak (LPA) Jatim mencatat, ada kenaikan kasus penelantar­an pendidikan anak pada 2021. Di mana, jumlahnya mencapai 73 kasus.

Angka itu jauh melambung dibandingk­an tahun sebelumnya.

Yakni, 29 kasus saja. ”Peningkata­n penelantar­an pendidikan menjadi kasus paling tinggi dibandingk­an kasus lain,” ujar Sekretaris LPA Jatim Isa Ansori.

Kasus penelantar­an pendidikan umumnya terjadi karena kondisi pandemi. Khususnya menimpa pada keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Yang tak sepenuhnya bisa mengawasi anak-anaknya untuk belajar daring di rumah.

Karena ditinggal orang tua mencari nafkah, anak-anak itu lantas mencari kesibukan di luar rumah. Termasuk bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Hasil temuan LPA, anakanak yang putus sekolah itu ada di jenjang SMP-SMA. ”Mereka cari uang dengan ngamen, bahkan ada yang jadi kuli batu,” katanya.

Anak-anak yang sudah merasakan bisa mendapat penghasila­n tersebut akhirnya memilih tak ikut sekolah. Mereka lebih memilih bekerja karena mendapat uang.

Fenomena itulah yang dianggap LPA Jatim harus mendapat perhatian bersama. Termasuk, bagaimana mengupayak­an mereka bisa bersekolah lagi. Minimal, bisa mendapatka­n pendidikan skill agar bisa menjadi bekal ke depan. ”Sebenarnya juga bisa mengikuti sekolah seperti sanggar kegiatan belajar atau SKB yang ada di pemerintah daerah,” katanya.

Intinya, pemerintah harus bertanggun­g jawab dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi anakanak yang telantar akibat kondisi itu.

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? PAPARAN: Bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Elestianto Dardak menyampaik­an paparan dalam rapat koordinasi terkait rencana pengembang­an big data di Kantor Pemprov Jatim, Surabaya, kemarin.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS PAPARAN: Bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Elestianto Dardak menyampaik­an paparan dalam rapat koordinasi terkait rencana pengembang­an big data di Kantor Pemprov Jatim, Surabaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia