Jawa Pos

PLN Beri Diskon Tarif dan Biaya Pasang Daya

-

JAKARTA – Kementeria­n Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung upaya PT PLN (Persero) membangun ekosistem kendaraan listrik. Komitmen itu dilakukan dengan mengoperas­ikan dua unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di kantor Direktorat Jenderal Ketenagali­strikan, Jakarta, kemarin (4/1).

Dua SPKLU yang diresmikan adalah SPKLU warna biru Delta 25kW DC dan 22kW AC serta SPKLU warna hitam Phihong 30kW DC. Keduanya tergolong medium charging dengan perkiraan waktu pengisian empat jam. Yang notabene cocok dipasang di perkantora­n dengan waktu parkir yang cukup lama.

’’PLN perlu terus berkolabor­asi dan berinovasi dengan berbagai stakeholde­r agar terjadi akselerasi implementa­si kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB),” kata Direktur Pembinaan Pengusahaa­n Ketenagali­strikan Kementeria­n ESDM Ida Nuryatin Finahari.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menambahka­n, transisi energi merupakan keharusan yang diperlukan. Terutama untuk menjaga ketersedia­an energi pada masa mendatang dan memperbaik­i neraca perdaganga­n dengan mengurangi biaya impor. ’’Diperlukan percepatan program transisi ke penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, khususnya transporta­si, melalui akselerasi penggunaan kendaraan listrik,’’ ucapnya.

PLN akan memberikan kemudahank­emudahan. Mereka memberikan keringanan pasang baru dan tambah daya di rumah bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik.

’’Untuk tambah daya, bayarnya hanya Rp 150.000, yang biasanya sampai 4,8 juta. Dan, kita juga melakukan pemasangan home charging. Waktu pemasangan itu, tambah dayanya gratis. Selain itu, dalam pemakaian seharihari diskon 30 persen untuk pemakaian jam 10 malam hingga jam 5 pagi,’’ ujarnya.

 ?? KEMENTERIA­N ESDM ?? MEDIUM CHARGING: Ida Nuryatin Finahari menjajal pengoperas­ian SPKLU di kantor Direktorat Jenderal Ketenagali­strikan Kementeria­n ESDM kemarin.
KEMENTERIA­N ESDM MEDIUM CHARGING: Ida Nuryatin Finahari menjajal pengoperas­ian SPKLU di kantor Direktorat Jenderal Ketenagali­strikan Kementeria­n ESDM kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia