Jawa Pos

Indosat-3 Resmi Merger

-

JAKARTA – PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 resmi mengumumka­n akuisisi dan merger, kemarin (4/1). Dua perusahaan tersebut bergabung menjadi Indosat Ooredoo Hutchison. Kementeria­n Komunikasi dan Informatik­a telah memberikan persetujua­n atas aksi korporasi itu melalui Keputusan Menkominfo (Kepmen) Nomor 7 Tahun 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatik­a Johnny G. Plate menegaskan, melalui kepmen tersebut, seluruh hak dan kewajiban PT Hutchison 3 Indonesia yang terkait dengan penyelengg­araan telekomuni­kasi beralih menjadi hak dan kewajiban PT Indosat Tbk. Penggabung­an itu juga menjadi hasil konkret pelaksanaa­n UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomuni­kasi, dan Penyiaran.

Implementa­si pengaturan itu bertujuan menata dan memperkuat industri telekomuni­kasi nasional. ’’Ini adalah satu tahap industri telekomuni­kasi Indonesia maju dan berkembang, melalui proses konsolidas­i industri telekomuni­kasi merger dan akuisisi,’’ ujarnya.

Menurut Johnny, akuisisi itu tidak akan mengurangi segala kewajiban kedua perusahaan kepada negara, pemerintah, maupun pihak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangu­ndangan. ’’Termasuk dan tidak terbatas pada kewajiban hukum dan pemenuhan hakhak karyawan sesuai ketentuan perundangu­ndangan di bidang ketenagake­rjaan, serta semaksimal mungkin melindungi dan menjaga sumber daya manusia bangsa Indonesia,’’ tegasnya.

Vikram Sinha, yang sebelumnya menjabat chief operating officer (COO) Indosat Ooredoo, menjadi chief executive officer (CEO) Indosat Ooredoo Hutchison. Bersamaan dengan itu, Vicky Lee juga ditunjuk sebagai chief financial officer (CFO) Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram menerangka­n, posisi Indosat Ooredoo Hutchison kini lebih kuat untuk menjadi perusahaan telekomuni­kasi digital, serta menjadi pemain penting dalam ekosistem 5G. ’’Kami ingin berkontrib­usi pada pertumbuha­n digital dan ekonomi bangsa,’’ ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia