Jawa Pos

Tidak Dipecat, STY Dikontrak sampai Desember 2023

-

KEKALAHAN timnas Indonesia dari Thailand di final Piala AFF 2020 rupanya tak luput dari berita menyesatka­n. Kabar keliru itu beredar melalui YouTube dan berkaitan dengan pelatih timnas Indonesia Shin Taeyong (STY) yang disebutseb­ut resmi dipecat oleh PSSI.

”PSSI Resmi Pecat Shin Tae Yong | Ervan Sander,” bunyi judul video dari kanal

YouTube Osawa Dave Lee pada 2 Januari 2022. Kanal tersebut juga disertai

thumbnail gambar yang bertulisan STY PAMIT (bit.ly/PSSIPecatS­TY).

Saat dikunjungi, video dengan durasi 3 menit 3 detik itu tak satu pun memperdeng­arkan pernyataan resmi tentang pemecatan tersebut. Hanya menunjukka­n cuplikan STY saat press conference, cuplikan pertanding­an timnas, dan sesekali memperliha­tkan pelatih timnas sebelumnya, Luis Milla.

Jawapos.com sempat mengulas nasib STY di tengah timnas menelan pil pahit dari Thailand. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku tidak kecewa atas kekalahan itu. ”Target STY sebenarnya lolos semifinal. Namun, sebagai ketua umum PSSI, saya ingin timnas lolos ke final. Anakanak harus diberi target tinggi supaya semangatny­a terpacu,” ujarnya. Iwan Bule (sapaan Iriawan) memastikan bahwa posisi STY aman. STY dikontrak dengan durasi empat tahun. Anda dapat membacanya di bit.ly/STYAman.

Jawa PosTV juga menyiarkan wawancara eksklusif dengan STY tadi malam (4/1). Pada saat itu STY menyebutka­n bahwa kontraknya bersama PSSI sampai Desember 2023. ”Jadi masih dua tahun lagi. Dan selama itu saya harus bisa menunjukka­n progres positif untuk sepak bola Indonesia,” katanya kepada wartawan Jawa Pos Ali Mahrus yang mewawancar­ainya.

STY sendiri memilih tak ambil pusing soal kekalahan dari Thailand. Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu fokus menyiapkan road map 2022. Sebab, Indonesia dijadwalka­n mengikuti beberapa turnamen sepanjang 2022, yaitu Piala AFF U23 pada 14–26 Februari 2022, SEA Games 2021 pada Mei 2022, dan kualifikas­i Piala Asia 2023 pada Juni 2022. Anda dapat membaca berita jawapos.com itu di bit.ly/ Fokus2022.

 ?? ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI: WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia