Jawa Pos

Bagikan KKs untuk 440 Penerima BPnt

Tindak Lanjut Pendataan MBR di Sukomanung­gal

-

SURABAYA – Pendataan ulang untuk masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR) di wilayah Kecamatan Sukomanung­gal rampung. Kemarin (4/1) warga yang termasuk MBR mendapatka­n kartu keluarga sejahtera (KKS) untuk penerimaan bantuan pangan nontunai (BPNT). Total ada 440 orang yang mendapatka­n bantuan.

Camat Sukomanung­gal Lakoli menyatakan, jumlah MBR penerima BPNT sejatinya 637 keluarga. Namun, yang datang dalam acara pembagian KKS kemarin hanya 440. ’’Besok (hari ini, Red) dilanjutka­n untuk yang sisanya,’’ ujarnya.

Menurut Lakoli, calon penerima BPNT dengan pendataan ulang MBR saling berkaitan. Sebab, salah satu kriteria penerima BPNT adalah warga kurang mampu. Ada pula kriteria masyarakat lanjut usia (lansia) yang tinggal di panti atau lembaga kesejahter­aan sosial.

Data penerima BPNT memang dari Kementeria­n Sosial (Kemensos). Namun, para lurah, RT, dan RW tetap harus melakukan verifikasi. Dengan demikian, penerima BPNT bisa tepat sasaran. ’’Karena kalau soal bantuan-bantuan seperti itu, pernah beberapa kali salah sasaran. Jadi, harus dibenahi pendataann­ya,’’ terangnya.

Lakoli menjelaska­n, alur pendataan dilakukan dari bawah. Pengurus RT dan RW melakukan survei ke rumah calon penerima manfaat. Data tersebut diverifika­si pihak kelurahan. Dari kelurahan, data itu diserahkan ke kecamatan untuk dikirim ke dinas sosial (dinsos). ’’Nanti dari dinsos, langsung link and match dengan pusat data dan informasi Kemensos,’’ paparnya.

Di Kecamatan Pakal, pendataan terhadap warga MBR masih terus dilakukan. Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo menyatakan, data tersebut bersifat dinamis. Perubahan status ekonomi seseorang bisa terjadi kapan saja. Bergantung kondisi ekonomi keluargany­a.

Karena itu, pembaruan data MBR harus rutin dilakukan. Sebab, data tersebut tidak hanya diperlukan untuk pembagian BPNT. ’’Ada berbagai jenis bantuan yang memerlukan data MBR yang valid. Jadi, bukan hanya BPNT,’’ jelas mantan kepala seksi parkir Dinas Perhubunga­n Kota Surabaya itu.

 ?? KeCamaTan samBikereP for Jawa Pos ?? TaTa aDminisTra­si: warga yang termasuk mBr mengantre untuk mengambil kks di kantor kecamatan sukomanung­gal.
KeCamaTan samBikereP for Jawa Pos TaTa aDminisTra­si: warga yang termasuk mBr mengantre untuk mengambil kks di kantor kecamatan sukomanung­gal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia