Jawa Pos

Gelar Lomba untuk Ramaikan Hutan Kota

-

SURABAYA – Geliat ekonomi mulai terlihat di Hutan Kota Pakal. Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berasal dari warga setempat semakin ramai. Untuk menarik minat pengunjung, pengurus RW 1 Kelurahan Pakal yang juga pengelola hutan kota menyelengg­arakan lomba.

Ada beberapa lomba. Di antaranya, lomba menyanyi dan menari. Pemenang lomba juga dijanjikan hadiah yang menarik.

”Memang sederhana. Tetapi, alhamdulil­lah pelaku UMKM di sini senang dan pengunjung juga lebih ramai dari biasanya,” ujar Ketua RW 1 Kelurahan Pakal Suyatno Senin (3/1).

Suyatno menyatakan, selama pandemi Covid-19, hutan kota sempat ditutup. Sejak saat itu, para pelaku UMKM yang biasanya berjualan di dalam juga berhenti total. Omzet mereka anjlok hampir 80 persen. Bahkan, ada yang benar-benar tidak bisa berjualan lagi karena kehabisan modal.

Nah, setelah kasus Covid-19 mulai melandai dalam tiga bulan terakhir, pengurus RW bersama kecamatan dan dinas terkait mengadakan pertemuan. Yang dibahas adalah keberlangs­ungan pelaku UMKM yang selama ini ikut meramaikan Hutan Kota Pakal.

Dengan persetujua­n camat, dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP), serta satgas Covid-19, akhirnya usulan lomba yang berlangsun­g kemarin bisa terlaksana. ”Kami ingin kembali menghidupk­an Hutan Kota Pakal yang dulu menjadi destinasi andalan kami di wilayah barat ini,” kata Suyatno.

Dia mengakui, kabar masuknya varian Omicron ke wilayah Surabaya sempat membuat pihaknya ragu melakukan kegiatan tersebut. Namun, panitia maupun petugas yang menjaga hutan kota sama-sama berkomitme­n. Protokol kesehatan (prokes) harus tetap dijaga.

 ?? ADi wiJaya/Jawa Pos ?? meriaHkan suasana: Peserta lomba menyanyi beraksi di atas panggung yang didirikan di Hutan kota Pakal senin (3/1).
ADi wiJaya/Jawa Pos meriaHkan suasana: Peserta lomba menyanyi beraksi di atas panggung yang didirikan di Hutan kota Pakal senin (3/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia