Jawa Pos

Jumlah Penumpang Kapal naik 36 Persen

Didominasi Tujuan Banjarmasi­n

-

SURABAYA – Jumlah penumpang kapal laut meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru 2022. Banyak warga yang berdatanga­n dan bepergian ke luar pulau. Sebagian besar di antara mereka berangkat menuju Banjarmasi­n, Kalsel.

Mulai Jumat (17/12) hingga Minggu (2/1), tercatat ada 31.280 ribu penumpang yang singgah di Pelabuhan Tanjung Perak. Jumlahnya meningkat 36 persen jika dibandingk­an pada periode yang sama tahun lalu. Penumpang kapal yang naik dan turun di Surabaya masih terus bertambah.

Kabid Lalu Lintas Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak Nanang Efendi menjelaska­n bahwa peningkata­n jumlah penumpang disebabkan banyak hal. Kali ini aturan bepergian lebih longgar. Selain itu, antusiasme masyarakat untuk berlibur cukup tinggi.

Nanang menjelaska­n bahwa pembatasan kapasitas masih berlaku untuk angkutan laut. Kapal tak boleh mengangkut kapasitas 100 persen. Operator harus menyiapkan ruang karantina di dalam angkutan. ’’Tingginya jumlah penumpang mendorong kami untuk selalu waspada. Kebetulan, sudah ada yang kena Omicron (varian Covid-19, Red),’’ kata Nanang. Dia menjelaska­n bahwa sudah ada instruksi terkait dengan temuan adanya varian baru. Pengawasan di pelabuhan diperketat.

Tidak hanya mengecek suhu, petugas juga akan melakukan pemeriksaa­n data riwayat perjalanan secara detail. Tujuannya, melakukan skrining pada penumpang yang berasal dari luar negeri.

Berbeda dengan posko di jalan raya, kata Nanang, posko di pelabuhan beroperasi lebih lama. Itu tak terlepas dari masa mudik balik penumpang kapal laut. Mobilitas masyarakat diprediksi masih tinggi hingga sepekan setelah pergantian tahun.

 ?? Guslan GumilanG/Jawa Pos ?? romBonGan: Penumpang kapal km awu menjalani pemeriksaa­n kesehatan setibanya di Pelabuhan Jamrud utara, Tanjung Perak, kemarin (4/1).
Guslan GumilanG/Jawa Pos romBonGan: Penumpang kapal km awu menjalani pemeriksaa­n kesehatan setibanya di Pelabuhan Jamrud utara, Tanjung Perak, kemarin (4/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia