Jawa Pos

PD Pasar Surya Perbaiki Fasilitas Pasar Pabean

Pemkot Revitalisa­si Kawasan Kota Tua

-

SURABAYA ‒ Proyek revitalisa­si Pasar Pabean terus dimatangka­n PD Pasar Surya. Rencananya, pengerjaan dimulai tahun ini. Sambil menunggu waktu pasti pelaksanaa­n, PD Pasar Surya berfokus pada perbaikan fasilitas pasar yang dinilai urgen.

Perbaikan saluran air, misalnya. Sistem drainase yang buruk membuat area dalam pasar kerap banjir ketika hujan. Ditambah lagi, kondisi aspal jalan lebih tinggi daripada permukaan pasar. Akibatnya, air meluber ke dalam pasar. Kondisi itu sudah lama terjadi.

Humas PD Pasar Surya Jaini mengatakan, perbaikan segera dilakukan. Kemarin (4/1) puluhan material box culvert dikirim ke Pasar Pabean. Dengan begitu, pengerjaan sudah bisa berjalan. ’’Sambil menunggu kepastian revitalisa­si pasar, kami memperbaik­i bagian pasar yang tingkat kerusakann­ya dinilai sudah parah. Salah satunya, saluran air,’’ kata Jaini. Beberapa fasilitas protokol kesehatan (prokes) juga diperbaiki.

Di sisi lain, Pemkot Surabaya segera memulai pengerjaan revitalisa­si kawasan kota tua yang terdiri atas Jembatan Merah, Taman Sejarah, wisata

Sungai Kalimas, dan Kawasan Religi Sunan Ampel. Beberapa dinas terlibat dalam proyek miliaran itu.

Kabid Bangunan DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian mengatakan, meskipun lokasinya masuk revitalisa­si kawasan kota tua, perbaikan Pasar Pabean tidak masuk dalam proyek tersebut. Untuk sementara revitalisa­si Pasar Pabean dilakukan PD Pasar Surya. Pihaknya hanya melakukan revitalisa­si di seputaran pasar.

Iman menjelaska­n, revitalisa­si kawasan kota lama berjalan tahun ini. Dimulai dari penataan Kawasan Religi Sunan Ampel. Mulai Sentra Wisata Kuliner (SWK) Pegirian, penataan jalur pedestrian, hingga pemasangan ornamen bertema Arabian di Jalan Nyamplunga­n dan Jalan KH Mas Mansyur.

’’Minggu ini rapat koordinasi dengan semua dinas yang terlibat akan dilakukan. Kami mulai dengan penataan PKL dan jalur pedestrian di Jalan Nyamplunga­n dan KH Mas Mansyur. Sehingga minggu depan, proyek bisa mulai berjalan,’’ kata Iman.

 ?? Guslan GumilanG/Jawa Pos ?? fasiliTas ViTal: Pedagang berbagai jenis ikan menggelar daganganny­a di Pasar Pabean sisi barat. PD Pasar surya segera memperbaik­i saluran air di bagian dalam pasar itu.
Guslan GumilanG/Jawa Pos fasiliTas ViTal: Pedagang berbagai jenis ikan menggelar daganganny­a di Pasar Pabean sisi barat. PD Pasar surya segera memperbaik­i saluran air di bagian dalam pasar itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia