Jawa Pos

Sekolah dan Siswa Mulai Registrasi LTMPT

Digunakan untuk Isi PDSS SNMPTN

-

SURABAYA – Tahapan pelaksanaa­n seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) telah dimulai. Sekolah pun sudah bisa melakukan registrasi akun lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT) kemarin sore (4/1). Kemudian, disusul dengan registrasi akun LTMPT bagi siswa yang eligible.

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari mengatakan, registrasi akun LTMPT tersebut wajib dilakukan sekolah maupun siswa

yang akan mengikuti kegiatan SNMPTN. Akun tersebut nantinya digunakan untuk pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

”Berbeda dengan kegiatan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa tahun lalu. Tahun ini, registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa dilaksanak­an tidak bersamaan,” katanya.

Registrasi akun LTMPT untuk sekolah dimulai pada 4 Januari. Sementara, registrasi akun LTMPT untuk siswa dijadwalka­n pada 10 Januari. Batas akhir registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa pada 10 Januari. ”Kemudian, penetapan siswa eligible dilakukan sekolah pada 4–8 Januari,” imbuhnya.

Ashari menuturkan, pengisian PDSS sendiri dilaksanak­an pada 8 Januari hingga 8 Februari. Kemudian, jadwal pendaftara­n jalur SNMPTN pada 14–28 Februari. ”Total ada 75 PTN, 39 politeknik negeri, dan 11 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN),” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 16 Surabaya Bidang Kehumasan Ridwan mengatakan, sekolah telah melakukan pemeringka­tan siswa eligible. Total, kuota SNMPTN di SMAN 16 sendiri 40 persen dari total 344 siswa kelas XII. Pemeringka­tan tersebut dilihat dengan memperhitu­ngkan nilai mata pelajaran (mapel). Untuk jurusan IPA, ada matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, kimia, fisika, dan biologi.

Sementara itu, jurusan IPS memperhitu­ngkan nilai mapel matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sosiologi, ekonomi, dan geografi. Serta, jurusan bahasa ada matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sastra Indonesia, antropolog­i, dan salah satu bahasa asing. ”Semua mapel yang masuk pada ujian nasional,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 4 Surabaya Luluk Utama mengatakan, saat ini sudah melakukan pendataan siswa yang eligible. Total, jumlah kuota SNMPTN di SMAN 4 ada 134 siswa eligible. Perinciann­ya, jurusan IPA 94 siswa dan jurusan IPS 40 siswa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia