Jawa Pos

Salurkan Bantuan Pangan Nontunai ke 957 Warga

Di Kecamatan Gubeng, Penerima Mayoritas Lansia

-

SURABAYA – Pemerintah kembali memberikan bantuan sosial nontunai. Kemarin (4/1) Kecamatan Gubeng menyalurka­n bantuan pangan nontunai (BPNT) di Gedung Wanita Kalibokor.

Bantuan tersebut didistribu­sikan untuk enam kelurahan dengan sasaran 957 keluarga penerima manfaat (KPM). Penyaluran itu dilakukan dalam dua tahap sebagai upaya mencegah kerumunan. ’’Tahap pertama tiga kelurahan,’’ kata Camat Gubeng Eko Kurniawan Purnomo.

Dia mengungkap­kan, jenis bantuan tersebut merupakan bantuan nontunai sebesar Rp 200 ribu dengan penanda kartu keluarga sejahtera (KKS). Bantuan itu nanti dapat ditukarkan dengan sembako sesuai nilai yang telah diterima. Lokasi penukaran berada di geraigerai ewarung yang tersebar di seluruh kelurahan. ’’Jadi, nanti tinggal gesek di outlet ewarung. Waktu pencairan kalau bisa sebelum 15 Januari ya. Waktu pembagian juga sampai tanggal itu,’’ ujarnya.

Eko menambahka­n, BPNT yang disalurkan kepada 957 KPM merupakan bantuan tambahan dari pemerintah pusat. Total ada tiga ribu lebih KPM khusus di Kecamatan Gubeng yang sudah menerima BPNT. Soal kemungkina­n bertambahn­ya KPM, Eko mengatakan tetap mengakomod­asi pendaftar baru sesuai dengan syarat dan kriteria yang ditetapkan Kemensos. ’’Tahap ini sudah tuntas. Mayoritas yang dapat lansia,’’ ungkapnya.

Eko juga menyediaka­n loket konsultasi untuk menyelesai­kan masalah yang muncul saat penyaluran bantuan. Misalnya, status keterwakil­an pengambila­n bantuan. Sebab, penerima bantuan mayoritas lansia, dalam pengambila­n bantuan banyak yang diwakilkan. Untuk itu, pihaknya menyediaka­n blangko lengkap beserta meterai. Dengan begitu, bantuan dapat disalurkan tepat sesuai sasaran.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? NONTUNAI: Petugas memberikan barcode untuk ditukarkan sembako kepada warga terdampak pandemi di Gedung Wanita, Jalan Kalibokor.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS NONTUNAI: Petugas memberikan barcode untuk ditukarkan sembako kepada warga terdampak pandemi di Gedung Wanita, Jalan Kalibokor.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia