Jawa Pos

Ratusan Reklame Ilegal Ditertibka­n

-

SIDOARJO – Hingga kini, banyak reklame ilegal, baik berukuran besar maupun kecil, yang terpasang di Sidoarjo. Bahkan menempel terpaku di pohon. Misalnya, yang terlihat di pepohonan di pinggir sungai di Jalan Sidokepung, Buduran, dan Jalan Sungon. Mulai iklan jual rumah, sedot WC, lowongan pekerjaan, dan lainnya.

Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo pun menertibka­n reklame ilegal tersebut. Kepala BPPD Sidoarjo Ari Suryono mengungkap­kan, minimal dua minggu sekali, timnya bergerak menyisir titiktitik yang terdapat reklame ilegal. ”Kami tertibkan sesuai dengan hasil evaluasi di lapangan apakah banyak yang melanggar atau tidak,” jelas Ari kemarin (4/1).

Evaluasi itu ditujukan untuk seluruh jenis reklame besar maupun kecil. Mantan kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo tersebut menjelaska­n bahwa reklame terbagi dua. Yakni, reklame insidental dan reklame tetap. Pembagian itu didasarkan pada lamanya waktu pemasangan. Materi reklame insidental bersifat jangka pendek. ”Bergantung kepada yang mengajukan izin, bisa hanya seminggu, dua minggu, atau sebulan,” terangnya.

Jangka waktu pasang untuk reklame tetap mencapai setahun. ”Nah, kami tidak hanya menertibka­n yang ilegal, tapi juga yang melebihi batas waktu pemasangan,” ujar Ari.

Dia menyebutka­n, sejak Desember hingga kini, ada sekitar 200 reklame yang berhasil ditertibka­n. Bahkan, petugas menggunaka­n crane untuk menjangkau reklame besar dan terpasang tinggi. ”Mayoritas pelanggara­n yang kami tertibkan adalah reklame yang insidental karena waktunya ratarata singkat,” ungkapnya.

Ari tidak memungkiri, memang masih ada reklame ilegal yang terpasang. ”Karena itu, tim rutin mengevalua­si dan menyisir untuk melakukan penertiban,” tuturnya.

Selain karena reklamerek­lame menyalahi izin, penertiban dilakukan agar suasana kota lebih enak dipandang.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? LANGGAR ATURAN: Sejumlah banner iklan terpasang di Jalan Raya Sidokepung, Buduran, kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS LANGGAR ATURAN: Sejumlah banner iklan terpasang di Jalan Raya Sidokepung, Buduran, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia