Jawa Pos

Maret Soft Launching, Juni Grand Opening

Belum Tuntas 100 Persen, Bupati Sidak RSUD Krian

-

SIDOARJO – Pembanguna­n RSUD Krian melenceng dari target. Seharusnya, pada 31 Desember 2021, pembanguna­n tuntas 100 persen. Namun, hingga kemarin (4/1) progres pengerjaan stagnan di angka 98 persen. Proses finishing juga belum rampung.

Kemarin RSUD di Desa Tambak Kemerakan, Krian, itu disidak Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Muhdlor meninjau kualitas bangunan dan kondisi ruangan. Hasilnya, memang pembanguna­n fisik perlu diselesaik­an.

Mulai panel lift yang belum selesai hingga pemasangan sebagian pintu kamar mandi.

Jika dilihat dari luar, bangunan sudah rapi. Baik dari gerbang besar pintu masuk maupun tamannya. Hanya, tumpukan besi sisa bangunan belum dibersihka­n. Meski belum tuntas dibangun, Muhdlor memastikan soft launching RSUD bisa dilakukan pada Maret mendatang. ”Maksimal sepuluh hari lagi ini pembanguna­n fisiknya sudah tuntas 100 persen karena tinggal pernakpern­iknya,” katanya.

Dia memperkira­kan semua hal, termasuk perizinan, siap pada Maret mendatang. ”Karena pemasangan alat kesehatan (alkes) juga masih proses dan butuh waktu. Izin operasiona­lnya saat ini juga diproses,” jelas alumnus Unair tersebut.

Karena pembanguna­n RSUD Krian belum rampung, kontraktor terkena denda penalti. Agus Hermawan, site manager PT Permata Anugerah Yalapersad­a yang bertanggun­g jawab atas proyek pembanguna­n RSUD Krian, menyatakan bahwa pihaknya siap membayar denda keterlamba­tan lantaran memang pembanguna­n belum bisa tuntas 100 persen sesuai dengan target. Ada sejumlah kendala yang membuat terlambat. Misalnya, kedatangan lift yang molor sekitar seminggu. ”Ini kami terus kebut. Maret sudah bisa soft launching,” ujar Agus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo drg Syaf Satriawarm­an

SpPros menuturkan, pihaknya mempercepa­t realisasi elemen pendukung operasiona­l RSUD Krian. Di antaranya, penyiapan alat kesehatan, tenaga kesehatan, hingga obatobatan yang pengadaann­ya bakal dimulai sebelum soft launching.

Seleksi tenaga medis kontrak diumumkan pada 15 Januari nanti. Dibutuhkan sekitar 120 orang. Selain itu, tenaga kesehatan dari CPNS maupun mutasi PNS berjumlah 150 orang sudah disiapkan dan bisa bekerja mulai Februari. Jadi, ada 270 nakes yang disiapkan.

”Rencananya, grand opening Juni, tapi Maret sudah bisa soft launching diawali pelayanan rawat jalan dulu,” jelas Syaf. Sementara, layanan lain seperti ortopedi menyusul.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? CEK LANGSUNG: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (tiga dari kanan) meninjau pembanguna­n RSUD Sidoarjo Barat di Krian kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS CEK LANGSUNG: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (tiga dari kanan) meninjau pembanguna­n RSUD Sidoarjo Barat di Krian kemarin.
 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? TAK BERPENGHUN­I: Selter isolasi pasien Covid-19 di Sedati kemarin (4/1).
MAYA APRILIANI/JAWA POS TAK BERPENGHUN­I: Selter isolasi pasien Covid-19 di Sedati kemarin (4/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia