Jawa Pos

Kemenag Minta CJH Perbarui Paspor Kedaluwars­a

Sambungan dari

-

”Bagi yang masa berlaku paspornya di bawah itu, kami minta diperbarui mulai sekarang,” kata Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Kota Surabaya Gatarman kemarin (4/1).

Surat edaran tersebut menindakla­njuti instruksi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jatim. Sejauh ini surat edaran sudah disampaika­n kepada CJH melalui kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU).

Imbauan itu diminta untuk diteruskan kepada setiap CJH yang akan berangkat tahun ini. Total, ada 2.529 orang. Mereka seharusnya dijadwalka­n berangkat pada 2021. Namun, penyelengg­araan ibadah haji tahun lalu dibatalkan akibat pandemi Covid19.

Buntutnya, semua paspor CJH Surabaya yang sudah berada di Siskohat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Asrama Haji Sukolilo dikembalik­an kepada jemaah saat itu juga. Paspor perlu dikembalik­an karena merupakan dokumen penting milik CJH. ”Ketika saat ini mulai persiapan, kami minta diperbarui. Sebab, sekitar 50 persen paspor sudah masuk masa expired,” ujar Gatarman.

Kapan pemberangk­atan haji 2022? Gatarman menyampaik­an, sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaa­n dan petunjuk teknis yang dikeluarka­n Ditjen Penyelengg­araan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag. Namun, diprediksi kloter awal mulai masuk pada awal Juni nanti. Sebab, Juli sudah memasuki puncak musim ibadah haji 1443 H/2022 M. Persisnya, 5 Juli sudah memasuki Hari Raya Idul Adha 1443 H.

”Sehingga perkiraan Juni sudah mulai pemberangk­atan ke Tanah Suci,” jelasnya.

Sebagaiman­a diketahui, penyelengg­araan ibadah haji sudah kali mengalami pembatalan. Yaitu, pada 2020 dan 2021. Kemenag membatalka­n penyelengg­araan ibadah haji akibat pandemi Covid19. Tahun lalu, misalnya, pembatalan haji diputuskan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) 660/2021 tentang Pembatalan Keberangka­tan Jemaah Haji pada Penyelengg­araan Ibadah Haji Tahun 1442 H atau 2021 M.

hal 13

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia