Jawa Pos

Soroti Kehidupan Difabel Tuli lewat Dokumenter

-

SURABAYA – Lima mahasiswa Universita­s Kristen (UK) Petra, yakni Thomas Lesmono, Chellent Karunia, Putri Kurnia, Sisilia, dan Nicholas Abdiel, menyatukan ide serta gagasan kreatif dalam bentuk film dokumenter biografi. Yakni, film yang diberi judul Life of Silence (LOS) dengan durasi 25 menit. Film tersebut terbilang istimewa dilihat dari segi tokoh serta karakter yang dituangkan.

Tokoh utamanya adalah Maulana Aditya, seorang pemuda aktivis tuli asal Kota Pasuruan. ”Film itu merupakan project akhir semester dari mata kuliah film dokumenter. Beberapa waktu lalu, Thomas dan kelompokny­a sudah memublikas­ikan film tersebut kepada khalayak. Diskusi dan segala masukan diharapkan semakin menyempurn­akan produk komunikasi yang dihasilkan Thomas dan kawankawan ini,” terang Daniel Budiana selaku dosen. Potret yang diambil adalah kehidupan seharihari Aditya dalam menjalanka­n aktivitas keseharian­nya, mulai berbisnis hingga bersosiali­sasi. Bahkan, pergumulan­nya sebagai kaum difabel di Indonesia. Kelompok mahasiswa angkatan 2019 itu pun melakukan serangkaia­n observasi terlebih dahulu. Dalam bentuk observasio­nal sekaligus wawancara. ”Kami membutuhka­n waktu sekitar tiga bulan untuk memproduks­i film LOS,” jelas tambah Putri. Beberapa pernyataan yang disampaika­n dalam film LOS menggunaka­n bahasa isyarat.

Hal itu membuat beberapa scene penting direkam dengan menggunaka­n kamera statis. Agar dapat fokus pada narasumber yang sedang bercerita. Sementara itu, Thomas yang berperan sebagai sutradara mengungkap­kan harapannya terhadap hadirnya film LOS. Yakni, agar masyarakat luas bisa semakin menghargai keberadaan teman tuli.

Akademisi sekaligus pengurus komunitas film Montase Jogjakarta Agustinus Dwi Nugroho yang berpengala­man dalam memproduks­i film dokumenter dan film fiksi serta rajin mengikuti beberapa festival di dalam maupun luar negeri pun mengapresi­asi LOS sebagai karya anak muda yang sarat pesan dan kasih sayang.

 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia