Jawa Pos

Hakim Tolak Tuntutan ’’Nirvana Baby’’

-

LOS ANGEL ES–Gugatan S p encer El den terhadap grup ban d N i r v ana ditolak hakim F e r nan do M. O l g u i n yang memimpin kasus di Pengadilan Distrik AS di C alif o r n ia Tengah pada Senin (3/1). Elden adalah bayi yang menjadi model dalam album Nevermind milik N i r v ana yang diri lis pada 1991. Penolakan terjadi setelah El den melewatkan batas waktu untuk menentang m o si para terdakwa yang meminta penolakan tuntutan Elden pada 30 Desember lalu.

Pada Desember lalu, pengacara para terdakwa bersama-sama meminta hakim untuk menolak gugatan Elden. Alasannya, gugatan itu ada di batas waktu. Selain itu, Elden dinilai telah mengambil keuntungan dengan popularita­snya sebagai ’’Nirvana Baby’’ selama tiga dekade.

’Dia telah membuat ulang foto itu dengan imbalan bayaran, berkali-kali; dia juga memiliki tato judul album (Nevermind) di dadanya; dia telah muncul di acara bincang bincang dengan mengenakan pakaian parodi berwarna telanjang; dia telah menandatan­gani salinan sampul album untuk dijual di e Ba y ,’ kata pengacara terdakwa.

Kendati demikian, Elden masih dapat mengajukan­komplainba­rutentangk­ecacatan dalam mosi tergugat yang meminta penolakan.Namun,diaharusme­lakukannya sebelum 13 Januari. Jika tidak, gugatan itu akan resmi dibatalkan tanpa prasangka.

Elden masih berusia empat bulan ketika dirinya menjadi model untuk cover album tersebut. Pada Agustus 2021, saat Elden berusia 30 tahun, dia menuntut grup band dan label tersebut atas dasar mengambil keuntungan dari pornografi anak terhadapny­a. Dalam gugatannya, Elden juga menyatakan bahwa foto itu diambil tanpa persetujua­nnya.

Dia meminta ganti rugi sebesar USD 150 ribu dari setiap terdakwa. Di antaranya, Dave Grohl, Krist Novoselic, Chad Channing, Courtney Love (janda Kurt Cobain), fotografer Kirk Weddle, dan art director Robert Fisher. Juga, label musik Geffen Records, Warner Records, dan Universal Music Group. ’’Terdakwa secara sadar mengambil keuntungan dan terus mendapatka­n keuntungan dari partisipas­i mereka dalam eksploitas­i seksual komersial Spencer,’’ bunyi sebagian tuntutan Elden.

 ?? NY TIMES ??
NY TIMES

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia