Jawa Pos

Kali Ini Lebih Percaya Diri

-

Kedalaman skuad Persija Jakarta di seri pertama hingga seri ketiga Liga 1 kurang mentereng. Pelatih Angelo Alessio tidak leluasa meracik formasi terbaik karena jumlah pemain senior sangat terbatas. Efeknya, dalam 17 pertanding­an yang sudah dijalani, tim berjuluk Macan Kemayoran itu hanya mampu memetik 6 kemenangan. Sementara itu, 11 pertanding­an lainnya berakhir dengan 7 kali imbang dan 4 kali kalah.

Namun, permasalah­an itu kini telah teratasi. Pada bursa transfer paro musim, manajemen mendatangk­an enam pemain baru. Yaitu, Irfan Jauhari (winger asal Persis Solo), Samuel Simanjunta­k (fullback asal Madura United), dan Ichsan Kurniawan (gelandang asal PSG Pati). Kemudian, Ikhwan Ciptady (center back asal Sriwijaya FC), Ahmad

Bustomi (gelandang asal Persela Lamongan), dan gelandang asing yang kualitasny­a sudah teruji di Liga Indonesia Makan Konate.

Kehadiran enam pemain baru itu membuat Alessio lebih percaya diri menghadapi seri keempat Liga 1. Malam ini, Alessio akan memperliha­tkan kekuatan baru Macan Kemayoran dalam pertanding­an melawan PSIS Semarang. Pertanding­an itu akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pukul 20.30 WIB.

Dalam pertanding­an tersebut, Alessio rencananya memainkan Bustomi dan Konate sebagai starter. Bustomi akan dipasang untuk menggantik­an peran Rohit Chand. Gelandang asal Nepal itu belum bisa diturunkan karena sedang menjalani pemulihan cedera lutut. Lalu, Konate dipasang untuk membuat daya serang dari second line Persija bertambah kuat. ”Kondisi mereka (Bustomi dan Konate, Red) fit. Mereka akan dimainkan sejak awal. Terima kasih kepada manajemen karena sudah mendatangk­an pemain sesuai kebutuhan,” ucap Alessio kemarin. Persija berada di atas angin untuk memenangi laga tersebut. Sebab, Laskar Mahesa Jenar –julukan PSIS– akan bertanding tanpa head coach Dragan Djukanovic. Pelatih asal Montenegro itu sedang menjalani masa karantina di Jakarta setelah kembali ditunjuk menjadi juru taktik Laskar Mahesa Jenar.

Bukan hanya itu, PSIS juga belum diperkuat Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga. Keduanya juga sedang menjalani karantina di Jakarta setelah berjuang untuk tim nasional Indonesia di Piala AFF 2020.

Namun, Alessio tidak mau melihat situasi itu sebagai keuntungan. Menurut pelatih berkebangs­aan Italia tersebut, PSIS pasti memiliki pemain pengganti yang sepadan. ”Kami respek terhadap PSIS. Namun, kami akan berusaha memenangi pertanding­an,” tegas mantan asisten pelatih Antonio Conte tersebut.

Tony Sucipto, pemain senior Persija, yakin perjalanan tim di seri keempat Liga 1 menjadi lebih baik. Tambahan amunisi baru membuat kekuatan Macan Kemayoran menjadi lebih kuat. ”Semoga kami bisa meraih hasil maksimal dalam setiap pertanding­an,” terang mantan pemain Persib Bandung tersebut.

Sementara itu, asisten pelatih PSIS Achmad Resal Octavian memastikan, belum bergabungn­ya Dragan tidak memengaruh­i persiapan tim. Selama menjalani karantina, pelatih 52 tahun itu selalu memberikan instruksi.

Dalam instruksi yang diberikan Dragan, para pemain PSIS diminta mewaspadai kekuatan baru Persija. ”Hadirnya beberapa pemain baru akan mengubah permainan Persija. Tapi, saya sangat yakin dengan pemain yang dimiliki PSIS. Jadi, kami akan lebih fokus terhadap persiapan sendiri,” ucap Resal.

INSTING TAJAM: Marko Simic dan Septian David Maulana diharapkan bisa mengoyak gawang lawan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, malam ini.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia