Jawa Pos

Bendungan Randugunti­ng Mengairi Sawah di Tiga Kabupaten

-

JAKARTA

– Bendungan Randugunti­ng, Blora, yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin (5/1) tidak hanya akan berdampak bagi masyarakat setempat. Kabupaten Pati dan Rembang akan turut merasakan manfaat bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 14,4 juta meter kubik itu.

”Alhamdulil­lah, Bendungan Randugunti­ng di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, telah selesai dan bisa dimanfaatk­an,” ucap

Jokowi. Bendungan tersebut mampu mengairi kurang lebih 650 hektare sawah.

Jokowi optimistis keberadaan bendungan itu akan kian memperkuat ketahanan pangan di tanah air. ”Karena kunci dari ketahanan pangan adalah air dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya,” jelas dia. Bukan hanya itu, presiden menyampaik­an bahwa bendungan tersebut berpotensi menjadi destinasi wisata di Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu para petani menyampaik­an sejumlah harapan atas kehadiran Bendungan Randugunti­ng. Petani dari Desa Sekarsari Sukarji berharap keberadaan Bendungan Randugunti­ng dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Terutama untuk petani di wilayah sekitar Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati.

”Tanaman padi ini membutuhka­n pengairan yang optimal. Jadi, harapan kami Bendungan Randugunti­ng

ini bisa menyuplai air ke Dam Kedung Sapen yang mana Dam Kedung Sapen ini bisa untuk mengairi daerah kami, daerah Kecamatan Sumber dan Kaliori, Kabupaten Rembang,” ujar dia. Selanjutny­a, Sukarji berharap bendungan itu dapat meningkatk­an taraf hidup petani di sekitarnya.

Syakib, petani lainnya, mengharapk­an pemerintah juga dapat melakukan normalisas­i bendungan lainnya yang sudah dangkal.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? PROSES HUKUM: Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen di kantor KPK, Jakarta, tadi malam. Wali kota dua periode itu diduga terjerat kasus lelang jabatan.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS PROSES HUKUM: Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Pepen di kantor KPK, Jakarta, tadi malam. Wali kota dua periode itu diduga terjerat kasus lelang jabatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia