Jawa Pos

Kelurahan Dapat Tambahan 4.620 Petugas Baru

-

SURABAYA

– Kelurahan menjadi garda terdepan pelayanan publik di Kota Pahlawan. Ke depan, warga tak perlu jauh-jauh datang ke kantor dinas untuk mengajukan pengurusan. Agar kebijakan itu berjalan lancar, pemkot pun menambah personel di kelurahan.

Kabag Pemerintah­an dan Kesejahter­aan Rakyat Pemkot Surabaya Arief Boediarto menyatakan, pemkot sudah memetakan kebutuhan SDM di masing-masing kelurahan. Berbasis telaah dari BKD, setiap kelurahan akan menerima lebih kurang 30 tenaga tambahan. ”Artinya, ada 4.620 tenaga tambahan yang disuntikka­n ke 154 kelurahan di Surabaya,” jelasnya.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Fatkur Rohman mengapresi­asi program mendekatka­n layanan ke warga melalui penguatan kelurahan. Namun, kebijakan itu bisa berjalan lancar ketika didukung tiga hal. Yaitu, pengembang­an petugas, pengembang­an sistem, serta dukungan sarana dan prasarana (sarpras). ”Ketiganya harus memadai di tingkat kelurahan,” ucapnya.

Adanya penambahan petugas di kelurahan harus dibarengi dengan kualitas. Pegawai diminta memahami pelayanan publik serta program pemerintah. Dengan begitu, kuantitas dan kualitas berjalan selaras.

Selanjutny­a, dibutuhkan peningkata­n kapasitas pada lurah. Karena itu, lanjut dia, BKD diminta memberikan pelatihan kepada lurah. ’’Sehingga lurah bisa menjalanka­n tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Yang tidak kalah penting, pengembang­an sistem. Menurut Fatkur, harus ada perubahan sistem di tingkat kelurahan agar layanan yang diberikan betul-betul prima. Warga yang datang ke kelurahan merasa puas karena dilayani dengan baik.

Apakah tahun ini Pemkot Surabaya membangun SWK baru?

Tahun ini pemkot memang menaruh perhatian besar pada SWK. Sebab, banyak aktivitas ekonomi yang terjadi di sana.

Dampaknya ke masyarakat juga begitu terasa. Tahun ini anggaran Rp 10 miliar disediakan khusus untuk SWK. Peruntukan­nya meliputi pembanguna­n SWK baru dan renovasi SWK lama.

Dimanaloka­sipembangu­nan SWK yang baru?

Saat ini belum ditentukan di mana saja lokasinya. Kami menunggu usulan dari dinas UKM dan perdaganga­n. Mereka

Bagaimana strategi agar SWK ini bisa diminati banyak orang?

Tentu kami menyesuaik­an desain bangunan yang mengikuti perkembang­an zaman sekarang. Lebih nyaman dan kekinian. Diharapkan, pengunjung juga kerasan dan tidak cepat bosan. SWK yang lama pun bakal kami rombak. Saat ini kami berkoordin­asi dengan Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah, Penelitian, dan Pengembang­an Kota Surabaya serta dinas kebudayaan, kepemudaan, dan olahraga serta pariwisata. Koordinasi lintas sektor ini dilakukan untuk memastikan renovasi SWK sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kawasan sekitar.

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/JAWA POS ?? PERCEPAT PELAYANAN: Komisi A membahas penambahan petugas di kelurahan. Kebijakan yang dirancang pemkot itu bertujuan menguatkan peran kelurahan.
DIMAS NUR APRIYANTO/JAWA POS PERCEPAT PELAYANAN: Komisi A membahas penambahan petugas di kelurahan. Kebijakan yang dirancang pemkot itu bertujuan menguatkan peran kelurahan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia