Jawa Pos

Camat-Lurah Wajib Bantu UMKM Urus NIB

Masuk Kontrak Kerja dan Jadi Parameter Kinerja

-

SURABAYA – Pemkot berupaya mengembang­kan UMKM. Ke depan, pemkot mewajibkan seluruh camat dan lurah membantu pelaku usaha kecil dalam pengurusan nomor induk berusaha (NIB). Tugas baru tersebut ditegaskan ke dalam kontrak kerja yang diteken para camat dan lurah se-Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaska­n, NIB sangat dibutuhkan. Fungsinya mendeteksi jenis dan keberadaan UMKM di Surabaya. ”Saya meminta camat dan lurah untuk membantu UMKM di wilayahnya dalam mengurus NIB,” ujarnya kemarin (5/1).

Misalnya, UMKM yang memproduks­i kue, jahit pakaian, atau UMKM pembuatan sepatu. NIB berhubunga­n dengan intervensi bantuan yang diberikan pemkot. ”Saya mewajibkan camat dan lurah untuk mengetahui jumlah UMKM di wilayahnya. Jika belum ber-NIB, saya minta dibantu pengurusan dan dipermudah,” tuturnya.

Banyak keuntungan bagi

UMKM yang mengantong­i NIB. Di antaranya, bisa mendapat kepastian dan perlindung­an berusaha di lokasi yang telah ditetapkan. Mereka juga mendapat pendamping­an dalam mengembang­kan usaha. Pelaku usaha kecil pun memperoleh kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank maupun nonbank. Tentu juga bisa menerima pemberdaya­an dari pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemkot. ”Karena itu, saya terus mendorong supaya semua UMKM punya NIB,” papar Eri.

Amanah baru itu tidak hanya diemban camat dan lurah. Dinas koperasi usaha kecil, menengah, dan perdaganga­n diberi tugas yang sama untuk mempermuda­h pelaku usaha dalam mendapat NIB. Eri meminta OPD terkait rajin road show keliling ke setiap kecamatan dan kelurahan. Tujuannya adalah sosialisas­i sekaligus pendamping­an para pelaku usaha dalam mengurus NIB.

Kabid Pemasaran Dinas Perdaganga­n Kota Surabaya Farida Fitrianing Arum menyatakan, pihaknya bersinergi dengan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) dalam membantu UMKM. Hingga akhir Desember lalu, misalnya, total ada 1.550 UMKM yang difasilita­si mengurus izin usaha. Di setiap tempat sosialisas­i, UMKM langsung didampingi untuk mengurus NIB sekaligus hingga selesai. ”Prosesnya kita permudah dan cepat,” ujarnya.

 ?? PEMKOT UNTUK JAWA POS ?? BANTU UMKM: Wali Kota Eri Cahyadi menjelaska­n konsep pemberdaya­an pelaku usaha kecil. Salah satunya meminta camat dan lurah untuk membantu pengurusan NIB.
PEMKOT UNTUK JAWA POS BANTU UMKM: Wali Kota Eri Cahyadi menjelaska­n konsep pemberdaya­an pelaku usaha kecil. Salah satunya meminta camat dan lurah untuk membantu pengurusan NIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia