Jawa Pos

Rp 1,9 M untuk Bangun SWK di Wilayah Barat

-

– Jumlah sentra wisata kuliner (SWK) di wilayah barat bakal ditambah. Pemerintah kota (pemkot) sudah menyiapkan anggaran Rp 1,9 miliar untuk mendirikan beberapa SWK tahun ini. Dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman serta pertanahan (DPRKPP) masih berkoordin­asi dengan dinas koperasi terkait dengan jumlah dan tempatnya.

Kepala Bidang Bangunan Gedung DPRKPP Iman Krestian Maharhando­no menyatakan, lokasi pembanguna­n SWK di wilayah barat akan tersebar di beberapa titik. ’’Nah, lokasinya masih menunggu hasil identifika­si dari dinas koperasi. Kami tinggal membangun,’’ ujarnya kemarin (5/1).

Iman menjelaska­n, anggaran Rp 1,9 miliar tersebut bukan untuk satu bangunan. Bisa jadi, anggaran sebesar itu dipakai untuk membangun dua atau tiga tempat. Bergantung desain yang diajukan dinas koperasi. Yang jelas, pihaknya menyiapkan pagu anggaran tersebut untuk membangun SWK di wilayah barat.

Anggaran itu, kata Iman, tidak hanya digunakan untuk membangun SWK baru. Ada pula kegiatan rehabilita­si atau renovasi SWK yang juga masuk kegiatan tersebut. ’’Itu (Rp 1,9 miliar,

Red) ada yang pembanguna­n baru, ada yang rehab. Sekarang masih pengondisi­an untuk jumlah titik dan lokasinya,’’ terangnya.

Iman menilai, penambahan jumlah SWK merupakan bagian dari komitmen pemkot untuk memulihkan ekonomi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. SWK tersebut nantinya menampung para pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku UMKM agar mendapatka­n tempat yang lebih layak untuk berjualan. ’’Kami hanya memfasilit­asi agar mereka mendapatka­n tempat yang lebih baik untuk menjalanka­n usaha,’’ jelasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? GAIRAHKAN UMKM: Konsumen menikmati sajian beberapa stan UMKM di SWK Wiyung. Pemkot akan menambah jumlah SWK di kawasan barat pada 2022.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS GAIRAHKAN UMKM: Konsumen menikmati sajian beberapa stan UMKM di SWK Wiyung. Pemkot akan menambah jumlah SWK di kawasan barat pada 2022.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia