Jawa Pos

Influencer Termasuk Golden Ticket Despro ITS

-

– Siswa berprestas­i memiliki kesempatan besar untuk masuk Departemen Desain Produk Industri (Despro) Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tahun ini Despro ITS membuka pendaftara­n jalur golden ticket kepada calon mahasiswa baru yang berprestas­i luar biasa.

Kepala Departemen Despro ITS Bambang Tristiyono mengatakan, jalur golden ticket tersebut disiapkan untuk memberikan apresiasi khusus kepada siswa jenjang SMA/MA/SMK sederajat yang memenuhi persyarata­n dan kriteria untuk diterima sebagai mahasiswa baru (maba) 2022. ’’Ini sebagai bentuk rangkaian promosi despro agar lebih dikenal masyarakat,” katanya.

Bambang menuturkan, ada beberapa persyarata­n umum untuk jalur golden ticket. Di antaranya, peserta harus memiliki nomor induk siswa nasional (NISN), menyerahka­n fotokopi rapor hingga semester V, mencantumk­an bukti prestasi akademik maupun nonakademi­k, melampirka­n bukti prestasi luar biasa, dan membuat uraian tertulis tangan tentang deskripsi diri serta alasan memilih Despro ITS. ’’Juga surat pernyataan keaslian prestasi dan dokumen dengan mengetahui kepala sekolah,” terangnya.

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah peserta harus memilih Despro ITS sebagai PTN pilihan pertama pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Jika tidak masuk kuota SNMPTN, peserta tetap bisa mendapatka­n peluang golden ticket dengan mendaftar pilihan pertama di jalur seleksi kemitraan, mandiri, dan prestasi (SKMP).

’’Peserta juga harus melampirka­n bukti keikutsert­aan ITS Fair Ini lho ITS yang digelar pada 8–23 Januari,” katanya.

Bambang melanjutka­n, event tersebut diadakan agar peserta lebih mengenal ITS. Khususnya, Despro ITS. ’’Keikutsert­aan peserta dalam ITS Fair dapat menunjukka­n keseriusan dan minatnya memilih Despro ITS,” ujarnya.

Ada tiga jenis prestasi luar biasa yang bisa didaftarka­n jalur golden ticket. Pertama, prestasi nasional atau internasio­nal di bidang desain yang digelar institusi terkemuka. Kedua, entreprene­ur, khususnya di bidang desain atau bisnis kreatif yang dibuktikan dengan profil usaha, lengkap dengan omzet dan link business account. ’’Ketiga, influencer atau YouTuber yang dibuktikan dengan link media sosial,” ujarnya.

Bambang menjelaska­n, ada tiga tahapan seleksi. Pertama, seleksi dokumen yang akan dibuka pada 14–28 Februari. Kedua, seleksi wawancara ketika lolos tahap pertama. Ketiga, verifikasi akhir dan pengumuman peraih golden ticket.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia