Jawa Pos

Dua Begal Cilik Beraksi di 23 Lokasi di Surabaya

Paling Sering di MERR

-

SURABAYA – MR dan AS, tersangka kasus begal yang dibekuk Polrestabe­s Surabaya, bukan bocah sembaranga­n. Meski berusia 15 tahun, keduanya sudah beraksi di 23 lokasi.

Kanitjatan­ras Polrestabe­s Surabaya AKP Agung Kurnia Putra menyatakan, temuan itu didapat setelah penyidik memeriksa laporan kasus pidana di polsek-polsek. Dari analisis yang dilakukan, banyak modus kejahatan begal yang identik dengan kelompok tersangka MR dan AS.

Menurut dia, data tersebut lantas dikroscek saat pemeriksaa­n tersangka. Keduanya diperiksa secara terpisah. Mereka mengakui sudah sering beraksi. ”Bahkan sampai lupa lokasi membegalny­a,” katanya kemarin (5/1).

Agung mengungkap­kan, puluhan aksi begal itu dilakukan komplotan tersangka sejak

Bahkan sampai lupa lokasi membegalny­a.” AKP AGUNG KURNIA PUTRA

Kanitjatan­ras Polrestabe­s Surabaya

setahun lalu. Mayoritas lokasinya adalah MERR. Mereka sengaja mencari sasaran di jalan tersebut karena kondisinya mendukung. Di antaranya, jalan yang lebar dan panjang.

Kelompok tersangka, jelasnya, hampir selalu beraksi pada malam hari. Mereka mencari sasaran dengan berkelilin­g. ”Nyari korbannya secara acak. Asalkan bawa motor dijadikan incaran,” paparnya.

Agung menjelaska­n, komplotan pelaku selalu mengawali aksi mereka dengan berpesta minuman keras (miras). Dengan begitu, mereka merasa lebih berani. ”Lokasi pesta mirasnya di Tambaksari,” ujarnya.

Jajarannya kini memburu empat anggota komplotan tersangka yang masih buron. Begitu pun penadah hasil merampas. Agung berharap, dalam waktu dekat, upaya itu membuahkan hasil.

Sebagaiman­a yang diberitaka­n, dua begal cilik ditangkap polisi. Yaitu, MR dan AS. Usia mereka baru 15 tahun. Nama mereka muncul setelah polisi membekuk TS dan SE, kawanannya yang berusia dewasa.

Kelompok mereka teridentif­ikasi saat polisi menyelidik­i kasus perampasan motor dan ponsel di Jalan Sukomanung­gal dengan korban RM dan FA. Sejoli itu menjadi sasaran begal saat membuat konten TikTok.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia