Jawa Pos

Hentikan Penerbitan SPB untuk Kapal Ekspor Batu Bara

-

– Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) memerintah­kan syahbandar di seluruh pelabuhan untuk tidak menerbitka­n surat persetujua­n berlayar (SPB) bagi kapal pengangkut batu bara tujuan luar negeri. Instruksi itu ditindakla­njuti di tingkat daerah. Kantor Kesyahband­aran Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Perak menghentik­an sementara waktu SPB untuk kapal pengangkut batu bara ke mancanegar­a.

Aturan terkait SPB muncul setelah pemerintah melarang ekspor batu bara. Kebijakan diberlakuk­an 1–31 Januari. Saat ini, kantor kesyahband­aran turut melakukan sosialisas­i pada operator kapal.

Pelaksana Tugas (Plt) Kantor KSU Pelabuhan Tanjung Perak Shaiful Horry menjelaska­n, instansiny­a telah menerima pemberitah­uan dari Kemenhub. KSU Tanjung Perak patuh sepenuhnya aturan. ”Yang pasti kami akan mengikuti instruksi. Sementara menolak penerbitan SPB untuk kapal pengangkut batu bara ke luar negeri,” kata Shaiful.

Menurut dia, larangan pengiriman batu bara ke luar negeri melalui kapal seharusnya tidak saja menjadi perhatian instansi di pelabuhan. Namun juga operator kapal. ”Kami bakal membantu sosialisas­i,” tambah Shaiful.

Dia menjelaska­n, pengiriman batu bara ke luar negeri dari Tanjung Perak memang kecil. Meski begitu, aturan tetap mendapat perhatian. Kesyahband­aran bakal melakukan skrining pada setiap pengajuan SPB.

Pelarangan sementara pengapalan ekspor batu bara tertuang dalam surat dengan Nomor UM.006/25/20/DA-2021. Tidak sekadar instruksi. Kemenhub juga menyiapkan sanksi untuk kantor kesyahband­aran yang tak mematuhi aturan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TUNDA: Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu. KSU Pelabuhan Tanjung Perak menghentik­an sementara penerbitan SPB untuk kapal pengangkut batu bara tujuan luar negeri.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TUNDA: Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu. KSU Pelabuhan Tanjung Perak menghentik­an sementara penerbitan SPB untuk kapal pengangkut batu bara tujuan luar negeri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia